Demi Sembuhkan Penyakit, Chan Zuckerberg Initiative Investasikan 3 Milyar Dolar!

Technologue.id, Jakarta – Tahun lalu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg meluncurkan Chan Zuckerberg Initiative dengan istrinya, Priscilla Chan. Hal tersebut dilakukan dalam rangka “meningkatkan potensi manusia dan mempromosikan kesetaraan untuk seluruh anak-anak di generasi berikutnya.” Pasangan tersebut berjanji untuk menyumbangkan 99% dari saham Facebook yang nilainya lebih dari $50 milyar demi tujuan tersebut.

Kemarin, pasangan tersebut mengadakan jumpa pers di San Francisco untuk mengumumkan proyek besar mereka berikutnya, yaitu menyembuhkan penyakit. Mereka berjanji menyumbangkan $3 milyar selama dekade mendatang untuk menyembuhkan, mencegah dan mengelola seluruh penyakit hingga akhir abad ini.

Hal tersebut tentu saja merupakan tujuan yang cukup tinggi, namun Chan dan Zuckerberg yakin hal tersebut mungkin diwujudkan. Mereka berencana untuk melakukannya dengan tiga langkah pendekatan. Pertama adalah dengan menyatukan ilmuwan dan insinyur. Kedua, membuat peralatan dan teknologi untuk memberdayakan komunitas ilmiah. Dan ketika mengembangkan pergerakan untuk mendanai ilmu pengetahuan.

Langkah pertama sedang dilakukan, initiative yang dibentuknya telah mulai bermitra dengan ilmuwan, dokter, insinyur dan kalangan universitas untuk mencapai tujuan ini. Pemimpin proyek ini adalah Dr. Cori Bargmann yang menjadi President of Science dari initiative tersebut. Bargmann adalah seorang neurosaintis dan genetika terkena, serta memimpin presiden BRAIN initiative.

“Kita menghabiskan sekitar 50 kali lebih untuk menangani orang yang sakit ketimbang kita berinvestasi pada penelitian agar Anda tak sakit dari awal,” ucap Zuckerberg, sebagai penekanan bahwa dukungan publik pada Initiative ini adalah hal yang berarti.

Investasi pertama disalurkan pada sesuatu yang dinamai Biohub. Ini adalah fasilitas yang menyatukan sekelompok peneliti dan insinyur dari UCSF, Stanford dan UC Berkeley secara bersama-sama, untuk mengembangkan peralatan baru yang menangani penyakit. Fasilitas ini akan berperan sebagai titik pusat kolaborasi antara para pakar lintas disiplin, insinyur, ilmuwan komputer, ahli biologi, ahli kimia dan lain-lain. Kelompok ini akan dipimpin oleh Joseph DeRisi, seorang PhD dalam Biokimia dan Biofisik, dan Stephen Quake, seorang DPhil dalam Bioengineering dan Fisika Terapan dan Fisika.

Salah satu proyek pertama Biohub adalah Cell Atlas yang secara mendalam menyelami jenis-jenis sel berbeda pada tubuh manusia dan memahami interaksi kompleks antar sel. Proyek lainnya lagi disebut Infectious Disease Project (Proyek Penyakit Menular) yang bertugas mencari tahu cara menguasai proses mendeteksi, menanggapi, merawat dan mencegah penyakit seperti Ebola, HIV, dan Zika. Seluruh temuan Biohub bersama dengan segala hal yang dipelajari dalam Chan Zuckerberg Science initiative akan menjadi open source dan tersedia untuk semua orang.

“Kita harus bersabar. Ini adalah hal yang sulit,” ucap Zuckerberg pada ajang tersebut. “Ini adalah tentang masa depan yang kita semua inginkan untuk anak-anak kita. Jika ada kesempatan bagi kita untuk menyembuhkan seluruh penyakit, maka kita harus melakukannya. Kita memiliki kesempatan untuk mewariskan dunia sebagai tempat yang jauh lebih baik dibandingkan saat kita menemukannya.”

Pada akhir ajang tersebut, Bill Gates tampil untuk memberikan dukungannya pada initiative tersebut. Dia memuji Zuckerberg dan Chan atas rencana mereka yang begitu berani dan ambisius. Gates yang juga telah membuat organisasi amalnya sendiri, yaitu Bill and Melinda Gates Foundation setuju dengan Chan dan Zuckerberg. Bahwa mereka perlu mendanai ilmu pengetahuan untuk membantu pengembangan alat pencegahan seperti vaksin. “Visi dan kedermawanan mereka menginspirasi seluruh filantropi generasi baru yang akan melakukan hal-hal luar biasa. Kita bangga untuk mengatakan bahwa kita di sini ketika Mark dan Priscilla memulai perjalanan ini,” ucap Gates.

“Hati saya penuh dengan harapan, dan kami ingin sekali untuk mulai,” ucap Chan menutup ajang tersebut. “Mari lakukan hal ini bersama.”

Baca juga:

SEKALI MENYUMBANG, BOS FACEBOOK KELUARKAN RP 1,25 TRILIUN

FACEBOOK BAKAL MAKIN RAMAH DENGAN ANAK-ANAK, INI ALASANNYA

CARA UNIK BILL GATES BERANTAS KEMISKINAN

Recent Articles

Teknologi 125W SuperVOOC Flash Charge, Bikin Baterai Penuh dalam Hitungan Menit

Technologue.id, Jakarta - Oppo memamerkan teknologi pengisian daya cepat 125W SuperVOOC Flash Charge untuk pertama kalinya. Teknologi ini diklaim memiliki kemampuan mengisi...

Smartfren WOW Concert 2020 Dihelat Virtual di Tiga Negara

Technologue.id, Jakarta - Smartfren kembali akan menggelar WOW Concert di bulan Agustus mendatang. Berbeda dengan konser WOW sebelumnya, kali ini event akan...

Indonesia Jadi Negara Dengan Jumlah Investasi Keamanan Siber Terbesar

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan keamanan siber, Palo Alto Networks membeberkan hasil studi terbaru yang mengkaji perilaku dunia bisnis di Asia Tenggara khususnya...

Semua Tentang Free Fire Season 26

Technologue.id, Jakarta - Bulan baru telah dimulai dan itu berarti akan ada Elite Pass baru di Free Fire. Garena akhirnya memutuskan tema sebelumnya,...

Mid Year Sale, Shopee Live Bikin Pelanggan Jadi Jutawan

Technologue.id, Jakarta - Shopee menghadirkan inovasi terbaru di kampanye 8.8 Mid Year Sale melalui Shopee Live Jutawan. Inovasi ini...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here