Google ikut Peringati Hari Sumpah Pemuda

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Tanggal 28 Oktober punya makna tersendiri bagi Indonesia. Tepat 88 tahun lalu, para pemuda Indonesia melahirkan inisiatif para pemuda untuk mengikat seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke dalam satu kesatuan yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Google pun ikut memperingati hari penting bagi sejarah pergerakan bangsa Indonesia tersebut. Partisipasi Google diperlihatkan pada tampilan Google Doodle yang kreatif beraroma ‘Sumpah Pemuda’ menghiasi laman beranda mesin pencarian itu.

Logo dan kalimat dalam isi Google Doodle tersebut menggambarkan beragam suku bangsa di Indonesia menjadi persatuan yang kuat. Masing-masing mengenakan baju daerah dan bersatu untuk mengucapkan kalimat yang berisikan ‘Satu Tanah Air’, ‘Satu Bangsa’, dan ‘Satu Bahasa’.

Kalimat di atas merupakan isi dari Ikrar Sumpah Pemuda yang dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928. Dan menjadi tonggak utama serta semangat untuk menegaskan berdirinya negara Indonesia.

Sekedar informasi, sebutan ‘Sumpah Pemuda’ adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan selama dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia, Jakarta.

Istilah Sumpah Pemuda sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan digunakan setelah kongres selesai. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres, penulisan menggunakan ejaan Van Ophuysen.

Pertama, Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea, Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga, Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Baca Juga:

GOOGLE SIAPKAN HEADSET PENGGABUNGAN TEKNOLOGI VR DAN AR

PENGUJIAN DIGORES, DIBAKAR, HINGGA DIBENGKOKAN, SEBERAPA TANGGUH GOOGLE PIXEL?

GARA-GARA PIXEL, SAHAM GOOGLE CAPAI TITIK TERTINGGI

 

- Advertisement -

Latest News

Related Stories