Google Rilis Distribusi User Android, Sebanyak Apa Pengguna Nougat?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Per 22 Agustus 2016 lalu, versi ketujuh Android resmi dirilis. OS bernama Nougat itu ditujukan pertama kali untuk perangkat Nexus. Namun, beberapa ponsel lain saat ini tercatat sudah menerimanya, mulai dari LG V20, Google Pixel, hingga Android One GM 5.

Akan tetapi, adopsi OS Android termutakhir tersebut setelah tiga bulan berjalan masih sangat sedikit. Dari distribusi pengguna Android yang dirilis Google secara resmi, awal November ini pemakai Nougat sedunia hanya 0,3 persen. Jumlah itu jauh di bawah pemakai Android versi lawas seperti Gingerbread atau Ice Cream Sandwich yang masing-masingnya berkisar 1 persen.

Hal ini sebenarnya tak mengapa. Umumnya, sistem operasi baru Android membutuhkan waktu sekitar setahun untuk menjadi OS terpopuler. Kisah Nougat pun tampaknya akan demikian.

Sementara itu, tahta OS Android dengan pemakai terbanyak saat ini dipegang oleh Lollipop versi 5.0 dan 5.1 dengan market share total 34,1 persen. Walau masih nomor satu, OS tersebut penggunanya terpantau menurun 0,9 persen dari Oktober 2016. Di bawahnya, menguntit KitKat (25,2 persen) dan Marshmallow (24 persen).

Distribusi Android per 7 November 2016 (source Google)
Distribusi Android per 7 November 2016 (source Google)

 

Baca juga:

INI DIA PONSEL ANDROID ONE PERTAMA DENGAN OS NOUGAT

CARA MEMBELAH LAYAR DI ANDROID 7.0 NOUGAT

ANDROID SEGERA DAPAT ‘WARISAN’ APLIKASI CHATTING BUATAN APPLE?

- Advertisement -

Latest News

Related Stories