Ini Sistem Operasi Microsoft yang Paling Banyak Terkena WannaCrypt

Technologue.id, Jakarta – Puncak wabah ransomware WannaCrypt sudah usai. Oleh karenanya, ada sejumlah produsen antivirus yang sudah merilis data mengenai profil komputer yang terkena jenis ransomware tersebut.

Mengutip dari NextPowerUp (21/05/17), Kaspersky baru saja melaporkan bahwa ada sejumlah sistem operasi yang paling banyak terkena WannaCrypt saat wabah itu disebarkan di seluruh dunia beberapa waktu lalu.

Menurut catatan Kaspersky, di antara banyaknya sistem operasi buatan Microsoft, Wannacrypt bisa dikatakan cukup berhasil menjebol sistem keamanan pada Windows 7.

Bukan tanpa alasan, dari hasil riset tersebut, terlihat bahwa dari seluruh komputer di seluruh dunia yang terkena wabah tersebut, hampir 98 persennya adalah pengguna Windows 7 dan 60 persen di antaranya adalah versi 64 bit.

Setelah Windows 7, posisi kedua dan ketiga terbanyak dihuni oleh pengguna Windows Server 2008 R2 dan Windows 10. Ini artinya kedua sistem operasi tersebut porsinya tak lebih dari 2 persen.

Sementara sistem operasi buatan Microsoft yang paling sedikit terkena WannaCrypt adalah Windows Xp. Selain dikarenakan hadirnya patch khusus dari Microsoft untuk menangkal ransomware tersebut, jumlah pengguna Windows Xp sendiri sudah sangat sedikit.

 

Baca juga:

Modus Operandi Ransomware WannaCry Sebenarnya Tidak Baru

Korea Utara Dicurigai Ada Hubungannya dengan Serangan WannaCry

Hadang WannaCrypt, Microsoft Rilis Update untuk Windows XP

Latest News

Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Darurat Gempa Sulbar

Technologue.id, Jakarta - Pasca bencana gempa bumi 6,2 Magnitudo yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat, khusunya Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Telkomsel...

Dear Nakes, Registrasi Vaksin Covid-19 Bisa Dilakukan Via WA

Technologue.id, Jakarta - Guna memudahkan tenaga kesehatan (Nakes) melakukan registrasi Program Vaksinasi Covid-19, pemerintah menyediakan akses pendaftaran berupa kanal Chatbot WhatsApp.

Diblokir Trump, Xiaomi Angkat Suara

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memasukan Xiaomi ke daftar hitamnya. Trump beralasan perusahaan asal China itu memiliki hubungan dengan...

Duh, Xiaomi Diblokir Trump

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali menambahkan perusahaan China ke daftar hitamnya. Kali ini, Xiaomi dan delapan perusahaan lainnya...

Buntut Kontroversi WhatsApp, Aplikasi Signal Raih 50 Juta Unduhan di Play Store

Technologue.id, Jakarta - Kebijakan baru aplikasi perpesanan WhatsApp membuat banyak penggunanya kecewa. Mereka pun akhirnya memilih beralih ke aplikasi lain yang dinilai...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here