Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Jaringan Andal Indosat Siap Beroperasi Layani Natal dan Tahun Baru
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Menjelang periode Natal dan Tahun Baru, Indosat Ooredoo Hutchison memastikan kesiapan jaringan untuk menghadirkan pengalaman digital yang andal bagi seluruh pelanggan di tengah meningkatnya kebutuhan komunikasi.

Untuk menjaga kualitas layanan, Indosat meningkatkan kapasitas jaringan hingga 20% dibandingkan rata-rata harian. Penguatan ini didukung lebih dari 210.000 BTS 4G dan 5G, serta beberapa Mobile BTS (MBTS) yang tersebar di seluruh Indonesia, untuk mengantisipasi lonjakan trafik data di penghujung tahun.

Optimalisasi jaringan juga dilakukan di lebih dari 500 titik aktivitas utama, mulai dari bandara, pelabuhan, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, hingga destinasi wisata, serta di 55 rute perjalanan seperti jalan tol, jalan dalam kota, dan jalur kereta api. Upaya ini memastikan konektivitas tetap stabil dan andal di seluruh pergerakan pelanggan sepanjang periode akhir tahun.

Pada periode ini, Indosat turut mengimplementasikan teknologi AIvolusi5G, kombinasi kecanggihan kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) dan jaringan 5G. Teknologi ini memungkinkan layanan yang lebih aman, cerdas, dan responsif.

Indosat juga memperkuat perlindungan pelanggan melalui fitur anti-spam dan sistem penyaring ancaman digital, memastikan layanan dapat digunakan secara aman dan nyaman dalam berbagai situasi. Selain itu, Indosat juga aktif melakukan upaya peningkatan literasi keamanan siber masyarakat, termasuk lewat kampanye SMS blast, untuk mengedukasi pelanggan mengenai perilaku digital yang aman serta memperkuat perlindungan terhadap potensi ancaman siber selama periode lonjakan penggunaan layanan internet.

Seluruh proses pemantauan dan pengelolaan jaringan dilakukan terpusat di Digital Intelligence Operation Center (DIOC), pusat operasi berbasis AI yang menghadirkan otomasi menyeluruh. Melalui DIOC, sistem dapat menyesuaikan kapasitas jaringan secara adaptif dan real-time, memastikan layanan tetap optimal sesuai kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia.

"Semangat Indosat ANDAL tercermin dari kesiapan tim kami yang bekerja sepanjang waktu menjaga performa jaringan dengan dukungan teknologi AI, agar konektivitas tetap stabil dan mampu menjangkau pelanggan di berbagai kondisi, termasuk mereka yang berada di wilayah terdampak," ujar Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Indosat juga mengimplementasikan teknologi Digital Twin dan AI Agent sebagai pengembangan teknologi terbaru. Melalui teknologi Digital Twin, jaringan Indosat direplikasi secara virtual untuk memproyeksikan topologi dan kinerja jaringan ke dalam suatu mesin simulasi.

Sementara itu, AI Agent dengan sistem kolaboratif antar agen cerdas, dimanfaatkan untuk melakukan diagnosis serta otomatisasi operasional jaringan. Keduanya berkolaborasi membentuk satu pusat kekuatan operasi cerdas yang bersifat otonom.

Untuk memperkuat kesiapan operasional, Indosat tidak hanya mengaktifkan posko mandiri, tetapi juga turut berpartisipasi dalam Posko Gabungan yang dibentuk oleh Komdigi di sejumlah titik dengan tingkat kunjungan pelanggan yang tinggi.

Posko ini beroperasi mulai dari 19 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 guna memastikan koordinasi yang efektif dan respons yang cepat selama periode libur akhir tahun.

SHARE:

TikTok Dikuasai Pendukung Netanyahu, Netizen Pendukung Palestina Saatnya Tinggalkan TikTok?

BYD Kuasai 57% Pasar EV Indonesia, Penjualan Tembus 47.300 Unit