Jungkalkan Huawei hingga Apple, ini rahasia larisnya ponsel Oppo

Technologue.id, Jakarta – Secara mengejutkan, Oppo pada Q3 2016 ini dinobatkan sebagai merek smartphone terlaris di dataran Tiongkok. Mereka merebut tahta itu dari Huawei yang juga mencurinya dari Xiaomi.

Tak cuma menyisihkan kompatriotnya, Oppo bahkan memaksa Apple menelan pertumbuhan minus 34 persen dibanding tahun lalu. Capaian buruk itu kian mempertegas telah lemahnya cengraman raksasa Cupertino tersebut sejak awal tahun 2016 terhadap pasar smartphone China.

Yang jadi pertanyaan sekarang, bagaimana bisa Oppo mencapai prestasi ini?

International Data Corporation (IDC) menganalisis bahwa ada dua kunci kesuksesan Oppo. Pertama, pasar China telah lewat dari fase euforia penjualan smartphone online – yang waktu itu ditunggangi oleh Xiaomi – ke channel penjualan offline. Dari sinilah terlihat kalau Oppo ternyata begitu kuat dari segi marketing dan advertising.

Mereka tak ragu memakai cara konvensional, misalnya dengan menggandeng publik figur sebagai brand ambassador. Tentu masih segar di ingatan Anda besarnya hype ketika Oppo menggaet Reza Rahadian dan Chelsea Islan untuk mengiklankan Oppo F1s.

Adanya inovasi dalam ponsel rakitan anak perusahaan BBK Electronics tersebut turut mengangkat daya jualnya di mata konsumen.

“Kesuksesan Oppo tak dicapai dalam semalam. Menyelisik ke belakang ketika vendor bergantung pada subsidi operatur untuk tumbuh, arah bisnis Oppo telah jelas dan mereka juga sudah fokus mengembangkan channel offline-nya. Oppo pun punya kekuatan khas, seperti teknologi fast charging VOOC dan desain ponselnya yang elegan. Keunggulan itu masih dikawinkan dengan taktik pemasaran yang agresif hingga melahirkan kesuksesan yang luar biasa di pasar,” Xiaohan Tay, Senior Market Analyst, Client Devices Research, IDC Asia/Pacific, memaparkan pandangannya seperti dikutip dari rilis pers IDC (28/10/16).

Kira-kira, mampukah Oppo mempertahankan pencapaian ini? Ataukah tahun depan publik akan mendapati kampiun baru di bisnis smartphone Tiongkok? Vivo mungkin? Ataukah Huawei dan Xiaomi yang bakal bangkit lagi?

 

Baca juga:

OPPO A59S PUNYA RAM 4GB DAN KAMERA SELFIE 16MP

TELKOMSEL KEMBALI GANDENG OPPO, BUNDLING 4G MENCAPAI 14 GB

WARNA BARU OPPO F1S RESMI MASUK INDONESIA

Recent Articles

Masuki New Normal, FastKey di Rumah.com Hadirkan Unit Properti Langsung ke Genggaman Pembeli

Technologue.id, Jakarta - PropertyGuru Group, perusahaan teknologi properti terkemuka di Asia induk usaha dari Rumah.com hari ini menghadirkan fitur digital baru 'StoryTeller'...

Bisnis Digital Dikenai Pajak, Trump Ancam Ambil Tindakan

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump geram melihat sejumlah negara akan menarik pajak untuk perusahaan berbasis digital seperti Netflix dan...

Sama Persis, Fitur Telkomsel CloudX Juga ‘Diracik’ oleh Developer Zoom

Technologue.id, Jakarta - Di tengah pandemi Corona, aplikasi video telekonferensi menjadi salah satu layanan komunikasi yang paling diminati. Bila aplikasi meeting online...

Bantu UKM Hadapi Gempuran Pandemi Covid-19, Masterweb Network Rilis Layanan New Web1Menit

Technologue.id, Jakarta - Tahun 2020 memang terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pasalnya baru berjalan selama 3 (tiga) bulan namun perekonomian mengalami goncangan...

Keberadaan Xiaomi Mi Band 5 Terkuak, Ini Fitur-Fiturnya

Technologue.id, Jakarta - Belakangan, Xiaomi tampaknya cukup rajin untuk memperbaharui lini smartband miliknya. Jika tahun lalu sempat merilis Mi Band 4, tahun...

Related Stories

1 Comment

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here