Technologue.id, Jakarta – Antusiasme masyarakat global terhadap iPhone 7 bisa dibilang luar biasa. Salah satunya bisa dilihat dari munculnya tiruan iPhone 7 di China.

Ya, vendor yang tak mau kehilangan momentum ini ternyata adalah Goophone. Dengan produknya yang dinamai I7 dan I7 Plus (Anda tak salah baca, memang hanya ada imbuhan huruf ‘i’ di depan angka model yang mana itu juga menjadi ciri khas produk Apple), OEM yang berbasis di Shenzhen tersebut menawarkan karyanya yang mirip dengan flagship bikinan Tim Cook cs itu dengan harga yang sangat terjangkau. I7 dilepas dengan Rp 2 jutaan saja, sementara I7 Plus ada di kisaran Rp 3 jutaan.

Tentunya, banderol itu sangat timpang jika dibandingkan dengan harga resmi iPhone 7 yang mencapai Rp 8 juta, sementara varian 7 Plus menyentuh Rp 10 juta.

Wujud Goophone I7 (source: Goophone)
Wujud Goophone I7 (source: Goophone)

Lalu, apa yang ditawarkan iPhone imitasi ini?

Baik Goophone I7 dan I7 Plus sebenarnya punya spesifikasi yang begitu mirip dengan iPhone 7 dan 7 Plus, mulai dari ukurannya, bodi dari metal, dual-camera setup (untuk 7 Plus), hingga fitur tersier khas Apple semacam fingerprint scanner, 3D Touch, dan retina screen.

Tampak belakang Goophone I7 Plus (source: Goophone)
Tampak belakang Goophone I7 Plus (source: Goophone)

Namun, baiknya Anda tidak berharap terlalu banyak pada performa dan experience ponsel copycat ber-OS Android Marshmallow itu. Sebab, belum ada jaminan bahwa mutu Goophone sejauh ini memang layak disandingkan dengan Apple. Akan tetapi jika Anda cuma penasaran dengan sejauh apa kemampuan vendor Tiongkok dalam hal meniru karya mewah Apple, mungkin Anda bisa membelinya di situs resmi Goophone.

Oh iya, mengetahui secara kasat karya imitasi Goophone ini juga mudah, karena tidak ada logo apel tergigit di belakang bodinya, pun dengan logo Goophone sendiri.

Sekadar gambaran, ini bukanlah tiruan flagship pertama dari Goophone. Vendor itu sudah biasa memproduksi ulang ponsel mewah Apple dan Samsung, termasuk S7 Edge. Kira-kira, mereka bakal membuat imitasi dari Galaxy Note 7 tidak ya di tengah kontroversi baterainya yang rentan meledak itu?

 

Baca juga:

SELAIN DUAL-CAMERA, INI DETAIL SPEK MENAWAN IPHONE 7 DAN 7 PLUS

IPAD TIRU SATU HAL BARU DARI IPHONE 7, APA ITU?

3 KELEMAHAN IPHONE 7 YANG BIKIN PEMAKAI ANDROID KIAN JUMAWA