Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Machine Learning Buatan Google Bisa Prediksi Pesawat Delay
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Keterlambatan pesawat untuk tiba di bandara memang menyebalkan. Namun hal tersebut ke depannya mungkin saja bisa diantisipasi dengan lebih baik lagi berkat sebuah machine learning buatan Google. Mengutip dari TheVerge.com (31/01/2018), Google baru saja mengupdate aplikasi Flights buatannya dengan sejumlah fitur baru yang membantu pengguna untuk mengurangi rasa lelah saat bepergian. Dan salah satu fitur utamanya adalah penggunaan machine learning.

Baca juga:

Sepanjang 2017, Google Berondong 700 Ribu Aplikasi Berbahaya

Machine learning sendiri di sematkan ke dalam aplikasi Flights untuk melakukan prediksi terhadap pesawat apa saja yang kemungkinan besar bakal delay. Tak cuma itu, machine learning juga bisa digunakan untuk merinci lagi fasilitas apa saja yang diberikan oleh masing-masing maskapai penerbangan untuk kelas ekonomi.

Baca juga:

Google Kembangkan Portal Berita Berbasis Komunitas

Berdasarkan blog resmi milik Google, pesawat delay tersebut bisa diprediksi dengan cara mengambil sejumlah data historis dari sebelum-sebelumnya. Setelah itu, machine learning akan menentukan pola dari keterlambatan yang sudah terjadi.

Baca juga:

Saat Google Assistant Ditanya Soal Tuhan, Ini Jawabannya

Selain dari data yang sudah terkumpul, perkiraan pesawat terlambat juga ditentukan dari berbagai faktor lainnya, seperti lokasi, cuaca, dan pesawat yang tiba pada jadwal sebelumnya. Jika algoritma buatan Google menemukan potensi 80 persen pesawat akan delay, aplikasi Flights langsung menginformasikan hal tersebut kepada pengguna ketika melakukan pencarian nomor penerbangan, rute, dan maskapai.

SHARE:

Baidu Kenalkan Alat dan Model AI Revolusioner Terbaru

YouTube Perangi Pemblokir Iklan, Ini Risiko Jika Pakai Ad Blockers