Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Pakar Keselamatan Berkendara: Cek Komponen Mobil Setelah Dipakai Mudik, Khususnya Oli
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Sejumlah pemudik yang merayakan hari lebaran di kampung halaman sudah terlihat kembali memadati jalur Tol Cikampek arah Jakarta. Bagi pemilik kendaraan, jangan lupakan cek sejumlah komponen penting setelah mobil digunakan perjalanan jauh.

"Setelah sampai di rumah, secepatnya membawa mobil ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan di sejumlah komponennya. Ini penting, khususnya bagi mobil yang sudah dipakai berjalan jauh antar kota," jelas Sony Susmana, Pakar keselamatan berkendara.

Baca Juga:
Pakar Keselamatan Berkendara: Kembali ke Ibukota, Jaga Perilaku Mengemudi

Sony menambahkan, salah satu komponen mobil yang paling penting untuk dilakukan pengecekan adalah oli. Disarankan untuk mengganti oli agar kondisi mesin mobil terap sehat dan berusia panjang.

"Mengganti oli mobil setelah melakukan perjalanan jauh itu penting. Biasanya oli seperti itu sudah bercampur dengan debu serta kotoran-kotoran bekas serpihan gesekan mesin. Maka itu wajib diganti supaya mesin tetap dalam kondisi prima," jelasnya lagi.

Baca Juga:
Mudik Aman, Signify Pasang 3000 Lampu Pintar di Ruas Tol Trans Sumatera

Selain oli, periksa juga bagian tekanan ban, air radiator dan kampas rem. Jika ketiga komponen tersebut terlihat kurang, sebaiknya juga segera diganti.

"Cek juga tekanan ban, air radiator dan kampas rem. Biasanya, ketiga komponen itu juga luput dari pengecekan pengendara padahal fungsinya sangat vital pada kendaraan," tutup Sony.

SHARE:

CarPlay Baru Apple akan Mengontrol Lebih Banyak Fitur Mobil

Tanggal Peluncuran Samsung Galaxy Fold 6 dan Flip 6 Terkuak