Pengujian Digores, Dibakar, Hingga Dibengkokan, Seberapa Tangguh Google Pixel?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Setelah peluncuran Google Pixel pada awal Oktober kemarin. Google menyajikan paduan hardware dan software terbaik, yang dilabeli #madebygoogle. Perangkat tangguh dari segi performa dan desain menjadi keunggulan Google Pixel. Namun, bagaimana bila dilakukan serangkaian pengujian mulai dari digores, dibengkokan bahkan dibakar?

Ketangguhan Google Pixel diuji melalui salah satu Youtuber terkenal yakni, JerryRigEverything. Dalam video Jerry kali ini, ia memilih smartphone terbaik milik Google. Sudah banyak smartphone flagship yang Jerry gunakan untuk melakukan beberapa tes, kemudian di unggah ke akun YouTube miliknya.

Dalam pengujian pertama Google Pixel, perangkat benar-benar baru dari dalam box. Pengujian berlangsung mencoba menggores pada bagian layar. Nah, untuk mengetahui tingkatan kekuatan pada layar, ia menyediakan alat pada tingkatan ketajaman yang berbeda mulai dari level 2 sampai 8. Biasanya layar plastik akan tahan sampai level 3, hebatnya karena pixel tersemat Corning Gorilla Glass 4, layar tahan sampai level 6.

Google Pixel Test (Source:YouTube/JerryRigEverything)
Google Pixel Test (Source:YouTube/JerryRigEverything)

Selanjutnya menggunakan cutter untuk mencoba menggores kamera depan, namun terlindungi oleh kaca Corning Gorilla Glass 4. Dan untuk grill pada bagian earpieces, menggunakan bahan seperti kain, jadi mudah terkelupas. Bila rusak, suara akan berpengaruh dan menjadikan kualitas suara saat telepon terdengar tidak terlalu baik. Berbeda dengan smartphone lain, ada yg menggunakan bahan logam ataupun plastik, setidaknya menjadi lebih tahan dan kuat.

Pada bagian belakang Pixel, ia mencoba menggores dengan cutter di bagian sekitar kamera, terbukti kuat karena menggunakan bahan kaca. Setengahnya pada bagian backcover, menggunakan bahan alumunium seperti plastik, jadi mudah tergores. Hebatnya, saat digores dengan kunci memang berbekas, namun dapat balik normal seperti semula.

Google Pixel Test (Source:YouTube/JerryRigEverything)
Google Pixel Test (Source:YouTube/JerryRigEverything)

Beralih uji ke bagian sensor pemindai sidik jari, tidak menggunakan bahan kaca jadi mudah tergores. Bagusnya, disain penempatan fingerprint tidak menonjol pada permukaan dibagian belakang. Jika menonjol, maka akan mudah tergores saat pemakaian sehari-hari. Walaupun fingerprint tergores sangat dalam, sensor tersebut tetap berfungsi 100 persen secara normal.

Kemudian pengujian dengan cara dibakar. Pixel mampu bertahan selama 11 detik. Kendati demikian, layarnya kembali seperti semula dan tetap dapat berfungsi saat disentuh. Dan yang terakhir pengujian dilakukan dengan gaya dibengkokan, pertama ditekan pada bagian belakang sehingga sempat menonjol di layar Pixel.

Google Pixel Test (Source:YouTube/JerryRigEverything)
Google Pixel Test (Source:YouTube/JerryRigEverything)

Selanjutnya ketika membengkokan melalui ditekan pada bagian layar, ponsel sangat kuat dan tidak rapuh. Berbeda dengan smartphone lain, dapat bengkok dan hingga patah dengan mudah.

Menurut Jerry, Pixel salah satu ponsel terbaik di tahun ini. Selain itu ia mengungkapkan, Pixel tampaknya seperti kombinasi semua ponsel flagship di dunia, dan berubah menjadi satu layaknya robot Megazord.

Nah, seperti apa video penyiksaan Google Pixel ala JerryRigEverything? yuk tonton video dibawah ini.

Baca Juga:
TERKUAK! INI ALASAN MENGAPA GOOGLE PIXEL TIDAK DINAMAI GOOGLE PHONE

RESMI MELUNCUR, BERAPA HARGA GOOGLE PIXEL DAN PIXEL XL?

GARA-GARA PIXEL, SAHAM GOOGLE CAPAI TITIK TERTINGGI

- Advertisement -

Latest News

Related Stories