Technologue.id, Jakarta - Samsung kembali membuktikan diri menjadi merek layar OLED terkemuka di dunia. Menurut International Data Corporation (IDC), Samsung menyumbang 34,7 persen dari jumlah monitor OLED yang terjual secara global pada tahun 2023.
Mengutip data dari Samsung Newsroom (8/5/2024), raksasa teknologi asal Korea Selatan itu hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk menjadi merek layar OLED terbesar di dunia. Saat itu, Samsung meluncurkan monitor OLED pertamanya yaitu Odyssey OLED G8 (G85SB) 34 inchi.
Baca Juga:
Geser Apple, Samsung Jadi Pabrikan Smartphone Terlaris 2024
Dari segi pendapatan, perusahaan memperoleh 34,7 persen dari total revenue dari penjualan monitor OLED.
“Pasar monitor OLED sangat kompetitif, sehingga untuk mencapai posisi teratas memerlukan inovasi dan kualitas produk yang tak tertandingi,” kata Hoon Chung, Wakil Presiden Eksekutif Visual Display Business di Samsung Electronics.
"Pencapaian ini menunjukkan semangat kami untuk mencapai keunggulan dan memahami kebutuhan konsumen, yang merupakan faktor kunci dalam memproduksi monitor OLED yang luar biasa bagi para gamer yang menuntut kinerja di seluruh dunia," lanjutnya.
Awal tahun, Samsung meluncurkan beberapa monitor OLED Odyssey di CES 2024. Diantaranya adalah G95SD 49 inchi yang memiliki layar melengkung, serta plihan layar datar, G80SD 32 inchi dan G60SD 27 inchi. Model layar 49 inchi dinobatkan sebagai Penerima Innovation Awards di ajang bergengsi CES 2024.
Baca Juga:
Daftar Ponsel Samsung yang Mendapatkan Pembaruan Fitur Galaxy AI
Samsung sendiri telah merayakan tahun kelima berturut-turutnya di puncak pasar monitor gaming dengan pangsa pasar 20,8% dalam hal pendapatan untuk Q4 2023.
Sebagai referensi, monitor gaming menyumbang sekitar 16% dari seluruh pengiriman monitor tahun lalu. Sejak tahun 2023, monitor gaming didefinisikan memiliki kecepatan refresh 144Hz atau lebih tinggi, dari sebelumnya 100Hz.