Taiwan kuasai pasar komputer Indonesia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Industri komputer dunia sejak beberapa waktu belakangan disebutkan kurang bergairah. Di Indonesia industri komputer digadang-gadang masih cukup potensial meskipun sudah tak lagi menunjukkan pertumbuhan signifikan.

Kondisi pasar komputer Tanah Air itu diungkapkan Suryadi Hiumanbrata yang menjabat Product Manager Notebook Acer Indonesia saat ditemui Technologue.id di acara Taiwan Excellence yang berlangsung di Pasar Seni Ancol, Jakarta.

“Secara potensi pasar komputer Indonesia masih tetap besar. Acer sendiri melakukan inovasi untuk terus menjawab kebutuhan pasar, dari sisi desain, spesifikasi maupun fungsinya yang bisa dipakai untuk mendukung aktivitas kerjanya,” kata Suryadi.

Hal serupa diungkapkan Soegiharto Santoso, Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo). Ia mengungkapkan pasar komputer di Indonesia memang terpengaruh kehadiran perangkat mobile namun masih tetap punya pasar.

Pria yang akrab disapa Hoky itu juga menyatakan bahwa perusahaan pembuat komputer asal Taiwan sangat diminati di Indonesia. Perusahaan komputer populer dari Taiwan yang sudah meramaikan Tanah Air ialah Acer, Asus dan MSI.

“Secara angka saya perlu cek, tapi Acer pernah menguasai pasar komputer Indonesia selama 7 tahun, sekarang pun yang memimpin pasar masih perusahaan Taiwan. Ini menunjukkan produk buatan perusahaan Taiwan masih cukup diterima pasar,” kata jelas Hoky.

Ditambahkan Suryadi, ketika digabungkan penguasaan vendor komputer Taiwan di pasar Indonesia mencapai angka lebih dari 60 persen. “Dua per tiga komputer bermerek yang terjual di Indonesia itu buatan perusahaan Taiwan yang menunjukkan inovasi teknologi dari sana cukup diterima Indonesia,” tandas Suryadi.

Pemerintah Taiwan sendiri tengah getol melakukan kampanye untuk mempererat kerjasama dengan Indonesia. Kampanye yang dilakukan Taiwan Excellence Trade Development Council (Taitra) juga menggelar acara Happy Run yang diikuti oleh 6.500 peserta di Pasar Seni Ancol, Jakarta.

Baca juga : 
TAIWAN BOYONG GALERI PRODUK TEKNOLOGI KE ANCOL
MANISNYA PASAR INDONESIA BIKIN PRODUK TAIWAN ‘NGILER’
JAM PINTAR ASUS MUNGKIN TIRU SAMSUNG GEAR S2

- Advertisement -

Latest News

Related Stories