Technologue.id, Jakarta – Baterai memang menjadi komponen paling penting yang ada dalam sebuah smartphone. Tanpa baterai, mau secanggih apapun teknologi yang dibawa smartphone, maka pasti tidak akan bisa digunakan.

Menyadari pentingnya peranan baterai smartphone, sangatlah penting untuk menjaga baterai agar tetap prima. Umur baterai sangat dipengaruhi oleh cara Anda menggunakan smartphone, seperti pola ngecas smartphone, menghidup dan matikan smartphone, aplikasi yang bekerja di background, dan lain-lain.

Ada begitu banyak saran dan tips berseliweran di web untuk merekomendasikan Anda teknik terbaik dalam meningkatkan masa pakai baterai perangkat Android.

Namun, dalam artikel ini, kami fokus pada kiat menghemat daya baterai smartphone yang dapat diikuti secara mudah namun terbukti bermanfaat.

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai
Hampir setiap pengguna Android memiliki aplikasi ter-install yang sering aktif di belakang layar (background), sehingga menguras baterai. Padahal, tidak lagi digunakan.

Jadi, jika Anda memiliki aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan tetapi sering mendapatkan notifikasi, jangan ragu untuk uninstall.

Kami juga mengamati pengguna kerap memasang aplikasi tambahan (yang tidak benar-benar diperlukan) untuk membuat smartphone mereka terlihat “keren”. Misalnya, aplikasi lockscreen atau aplikasi newsreader yang mungkin tidak pernah Anda buka.

Selain itu, Anda juga dapat membuang launcher Android pihak ke-3.

Jika Anda memiliki banyak aplikasi untuk dipilih dan tidak dapat memutuskan apa yang terbaik untuk dihapus, cukup lakukan reset pabrik atau factory reset dan mulai menginstal aplikasi penting dari awal.

2. Hindari dari overcharging
Cara memperpanjang usia baterai android yang pertama adalah, dengan sebisa mungkin hindari penggunaan overcharging atau pengecasan baterai secara over diluar batas waktu yang direkomendasikan. Meskipun pada umumnya smarphone berbasis Android saat ini sudah mendukung fitur over-charge protection. Tetapi tidak berarti perlakukan charging smartphone bisa dilakukan serampangan atau membiarkan overcharging dilakukan terus-menerus.

3. Batasi kontras layar
Sama ada halnya seperti perangkat laptop, pengaturan kontras layar yang cukup tinggi pada perangkat smartphone Android ini, tentu akan menguras daya baterai. Oleh karena itu, batasi pengaturan kontras layar pada ukuran yang ideal, jika tidak sedang digunakan, sebaiknya pengaturan kontras diminimalkan.

4. Atur auto-update Play Store
Update Play Store mungkin tidak akan menjadi hal yang terlalu berpengaruh terhadap degredasi daya baterai, jika kebutuhan aplikasi terinstal di smartphone Kita masih dalam batas wajar. Tetapi jika Kita terbiasa menginstal aplikasi atau game “huge” yang memiliki fitur melimpah dan ukuran aplikasi atau game yang besar mencapai 100-200MB, yang mana bisa menjadi sebab cara mengatasi playstore error. Maka fitur auto-update bisa menjadi hal yang cukup memboroskan daya baterai saat ada update otomatis terhadap aplikasi ini. Oleh karena itu, nonaktifkan atau jika tidak, atur batasan auto-update terhadap aplikasi ini.

5. Batasi penggunaan lokasi
Cara memperpanjang usia baterai android yang ketujuh ini, adalah dengan mengatur penggunaan fitur lokasi. Penggunaan lokasi memang penting, bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, namun hal ini menyerap konsumsi baterai yang cukup menguras, mengingat koneksi data internet dibutuhkan, dan juga koneksi GPS diaktifkan. Penggunaan lokasi ini bisa dibatasi pada kebutuhan saja, jika memang tidak sedang digunakan, sebaiknya di nonaktifkan dulu saja.