10 Negara dengan Koneksi 5G Paling Kencang

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Perusahaan riset jaringan mobile OpenSignal merilis hasil penelitian terbaru tentang 10 negara teratas di dunia yang memiliki kecepatan unduh 5G tertinggi.

Laporan tersebut mengungkapkan hasil analisis pengalaman pengguna 5G terhadap seluruh operator seluler di berbagai negara, termasuk di wilayah di Asia (tidak termasuk China), Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Utara.

Berikut adalah 10 negara teratas dengan kecepatan unduh 5G rata-rata terkencang, sebagaimana dihimpun dari situs resmi OpenSignal, dalam kuartal pertama 2021.

Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara pertama di dunia yang membuka layanan seluler 5G pada 3 April 2019. Ketika itu, tiga operator seluler, yakni SK Telecom Co., KT Corp., dan LG Uplus Corp meresmikan jaringan 5G masing-masing di sejumlah kota.

Negeri Ginseng berada di posisi teratas soal kecepatan unduh 5G, dengan angka rata-rata 361 Mbps.

Kota Jeonju menjadi kota yang memiliki rata-rata kecepatan download 5G tercepat dari kota mana pun di Korea Selatan serta pengalaman tercepat di kota mana pun yang Open Signal analisis. Kecepatan download 5G Jeonju sebesar 415,6 Mbps atau 15% lebih cepat dari hasil nasional Korea Selatan.

Taiwan

Komersialisasi 5G di Taiwan terhitung masih muda, baru dimulai tahun lalu. Operator seluler Far EasTone (FET) meluncurkan layanan 5G komersil pada Juli 2020 di sejumlah kota. Rata-rata kecepatan unduh 5G di Taiwan mencapai 309.9 Mbps.

Uni Emirat Arab

Negara kaya minyak bumi, Uni Emirat Arab menawarkan rata-rata kecepatan 5G sebesar 269 Mbps. Kendati Korea Selatan ada di urutan teratas, namun bila urusan puncak kecepatan download 5G itu Uni Emirat Arab lebih unggul sebesar 863 Mbps.

Jepang

Di Jepang, mayoritas kota besar sudah menyediakan jaringan ini melalui Softbank, NTT Docomo dan KDDI(Au). Rata-rata kecepatan 5G di Negeri Sakura adalah sebesar 231.5 Mbps.

Arab Saudi

Layanan 5G komersial sudah hadir di Arab Saudi sejak Juni 2019 lewat operator seluler STC Group yang menggelarnya untuk kali pertama di sejumlah kota. Rata-rata kecepatan unduh 5G di negara ini mencapai 229.9 Mbps.

Finlandia

Finlandia menjadi negara di Eropa yang menawarkan kecepatan 5G paling ngebut hingga 219.5 Mbps.

Kuwait

Jaringan 5G sebenarnya sudah mulai hadir di wilayah Timur Tengah sejak 2018, namun Kuwait baru menyusul kebagian pada Juni 2019.

Negara di urutan ketujuh soal kecepatan unduh 5G ini membukukan angka rata-rata 212.9 Mbps.

Swiss

Swiss adalah salah satu negara pertama yang mulai menerapkan 5G komersial pada 2019. Tiga operator seluler di negara tersebut, Salt, Sunrise dan Swisscom, menyediakan layanan 5G.

Austria

Dalam hal kecepatan, 5G Austria berada di posisi kesepuluh secara global dengan rata-rata sebesar 162.8 Mbps.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories