12 Fitur Keren yang Ada di iOS 14

Technologue.id, Jakarta – Apple meluncurkan pembaruan baru sistem operasi iOS 14 pada Juni 2020. Pengguna iPhone akan mendapatkan fitur-fitur baru yang canggih lewat update terbaru ini.

iOS 14 merupakan salah satu updte iOS terbesar Apple hingga saat ini, karena membawa sejumlah gebrakan diantaranya memperkenalkan perubahan desain Home screen, fitur baru utama, pembaruan untuk aplikasi yang ada, peningkatan Siri, dan banyak penyesuaian lain yang menyederhanakan antarmuka iOS.

Berikut fitur-fitur canggih yang ditawarkan iOS 14 seperti dikutip dari MacRumors, Senin (22/6/2020):

Widget
Pertama dan terpenting, iOS 14 menghadirkan redesain Home Screen yang mencakup dukungan untuk widget untuk pertama kalinya, seperti cara kerja di Apple Watch. Pengguna pun bisa menempatkan Today view di Home Screen dalam berbagai ukuran.

Dengan fitur Smart Stack, iPhone dapat menggunakan on-device intelligence untuk menampilkan widget yang tepat berdasarkan waktu, lokasi, dan aktivitas. Setiap halaman Home screen dapat menampilkan widget yang disesuaikan untuk pekerjaan, perjalanan, olahraga, dan lainnya.

Layar panggilan tidak lagi fullscreen
Panggilan telepon masuk dan permintaan Siri tidak lagi mengambil alih seluruh layar. Panggilan telepon (dan panggilan FaceTime/VoIP) akan muncul dalam banner kecil di layar iPhone, sementara saat mengaktifkan Siri akan menampilkan ikon Siri dalam bentuk animasi kecil di bagian bawah layar.

App Library
Apple Library merupakan fitur baru untuk mengorganisir aplikasi ke dalam file berbeda secara otomatis dan pengguna bisa mengakases tanpa harus banyak menampilkannya di Home Screen.

Aplikasi ini disusun dalam sistem folder Anda, tetapi ada juga folder yang dibuat Apple seperti Suggestions dan Apple Arcade yang secara cerdas memunculkan aplikasi. Unduhan aplikasi baru dapat ditambahkan ke Homescreen atau disimpan di App Library untuk menjaga layar Beranda Anda tetap bersih.

Siri
Siri kini lebih pintar di iOS 14 dan dapat menjawab lebih banyak pertanyaan dari hasil mencari di internet. Siri juga didukung dengan sejumlah fitur baru termasuk mengirim pesan audio.

Messages
Layanan terbaru dari Messanges adalah memoji berdasarkan usia, fitur pin agar percakapan yang dianggap penting berada diurutan teratas dan fitur Group yang mendukung untuk komunikasi lebih intens dengan orang-orang yang dicintai.

Mengelola pesan grup
Untuk percakapan grup, Apple menambahkan fitur @mention, yang berarti obrolan grup dapat dibisukan tetapi akan mengirimkan notifikasi ketika nama pengguna disebutkan. Foto obrolan grup dapat dikustomisasi dengan gambar atau emoji, dan ikon untuk setiap orang di bagian atas percakapan memperjelas siapa yang terakhir berbicara.

CarKey
Kunci mobil digital memungkinkan pengguna membuka atau menyalakan mobil mereka dengan iPhone atau Apple Watch. Tahun depan, dengan chip U1, fitur Carkey akan memungkinkan pengguna untuk membuka kunci mobil tanpa mengeluarkan iPhone dari saku atau tas. Carkey dapat dibagikan melalui Messages dan dinonaktifkan melalui iCloud jika iPhone hilang.

Lewat CarPlay, pengguna dapat mengatur wallpaper dan mendukung jenis aplikasi baru untuk parkir, pengisian kendaraan listrik, dan pemesanan makanan cepat saji.

App Clips
FItur ini memungkinkan pengguna menggunakan aplikasi tanpa harus mengunduh banyak file besar. Diklaim ringan dan cepat, pengguna bisa mengaksesnya melalui kartu yang muncul di bagian bawah layar.

Layanan Kesehatan
Untuk aplikasi Kesehatan, Apple telah menambahkan dukungan untuk Sleep Tracking di Apple Watch, ditambah Daftar Periksa Kesehatan untuk mengelola fitur kesehatan dan keselamatan (SOS Darurat, ID Medis, Fall Detection, dan ECG), serta tambahan untuk membantu pengguna lebih memahami bagaimana tingkat audio dapat berdampak pada kesehatan pendengaran.

Maps
Aplikasi ini memiliki fitur baru Guides yang memberikan panduan berbagai tempat melalui informasi terbaru. Fitur Cycling yang memberikan panduan jalur bersepeda dan EV Routing tempat pengisian daya bagi mobil listrik.

Translate
Aplikasi baru yang dihadirkan Apple untuk membantu menterjemahkan percakapan dan dapat digunakan secara offline. Bahasa yang didukung meliputi bahasa Arab, Cina, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Portugis, Rusia, dan Spanyol.

Mudah beralih dengan Airpods
Dengan iOS 14, AirPods dapat beralih dengan mulus dan otomatis di antara perangkat Apple dengan pengalihan perangkat otomatis. Untuk AirPods Pro, ada fitur audio spasial baru untuk suara surround, lengkap dengan pelacakan kepala dinamis. iOS 14 juga memberikan notifikasi ketika baterai di AirPods atau AirPods Pro hampir mati.

Recent Articles

Mode 90 FPS PUBG Mobile Eksklusif Hadir di OnePlus

Technologue.id, Jakarta - OnePlus bekerja sama dengan PUBG Mobile untuk tawarkan pemilik OnePlus mode 90 FPS dalam game battle royale yang populer....

35 Tahun Jualan Laptop, Toshiba Putuskan Berhenti

Technologue.id, Jakarta - Toshiba akhirnya memutuskan untuk berhenti memproduksi seri laptop setelah 35 tahun menggeluti bisnis ini. Hal ini ditandai dengan dialihkannya...

Larangan WeChat Bisa Bikin Bisnis iPhone Anjlok

Technologue.id, Jakarta - Perintah eksekutif Presiden Donald Trump yang akan memblokir layanan WeChat di Amerika Serikat dapat berimbas buruk kepada hampir seluruh...

Musim Sepeda, Xiaomi Luncurkan Sepeda Listrik Berkecepatan 25km/jam

Technologue.id, Jakarta - Setelah sebelumnya menghadirkan Qicyle R1 dengan harga selangit yakni Rp 44 jutaan, Xiaomi kini meluncurkan produk sepeda yang lebih...

Fitur Perangsang Produktivitas di Galaxy Note20

Technologue.id, Jakarta - Generasi terbaru Samsung Galaxy Note resmi meluncur pada 5 Agustus lalu lewat gelaran Galaxy Unpacked. Adalah Galaxy Note20 dan...

Related Stories