20 Juta Data Pengguna Shopback Bocor

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Situs pengungkap kebocoran data, Have I Been Pwned, baru-baru ini telah merilis jumlah total kebocoran data sebuah situs cashback e-ccommerce asal Singapura, Shopback.

Melalui unggahan Twitter, Senin (26/4/2021), kebocoran data ini terjadi pada September 2020 lalu. Melalui cuitannya tersebut, Have I Been Pwned menyebut jika total akun yang bocor tersebut mencapai 20.519.819 akun. Namun data yang baru masuk hanya sebesar 60 persen.

Baca Juga:
533 Juta Database Pengguna Facebook Bocor

Data pengguna yang bocor di internet tersebut meliputi nama, nomor hp, jenis kelamin, tanggal lahir, nomor rekening bank (untuk pengguna yang mengklaim cashback melalui no rekening bank miliknya), warga kenegaraan, dan password pengguna.

Jika Anda pengguna ShopBack, pastikan mengecek akun email untuk membuktikan apakah akun anda termasuk ke data 20 juta orang tersebut atau tidak. Untuk mengetahuinya, anda bisa memeriksanya melalui situs Have I Been Pwned.

Setelah masuk ke dalam situ tersebut, anda hanya perlu memasukan email atau nomor hp pada kolom yang disediakan situs.

Baca Juga:
Jutaan Akun Pengguna Clubhouse Bocor

Apabila email anda aman, maka akan muncul notifikasi Good news – no pwnage found! dengan background warna hijau.

Sedangkan, apabila email anda terdampak, akan muncul pemberitahuan, oh now – pwned! dengan warna latar belakang merah marun.

Apabia data kalian bocor, maka hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengamankanya dengan cara mengganti kata sandi lama dengan kata sandi baru.

Bukan hanya Shopback, situs HaveIBeenPwned.com juga menampilkan beberapa web yang pernah mengalami kasus kebocoran data seperti Facebook, Tokopedia, hingga Wattpad.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories