Technologue.id, Jakarta – 2019 menjadi tahun yang sulit bagi Huawei lantaran tak semua smartphone yang dijualnya bisa menggunakan layanan Google secara penuh dikarenakan perang dagang yang memanas antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Meski begitu, kenyataannya mereka berhasil melewati Apple dalam hal pendistribusian gadget.

Mengutip dari GizmoChina (31/01/20), baru-baru ini tiga lembaga riset ternama (Counterpoint, Canalys dan Strategy Analytics) merilis soal pendistribusian gadget dari sejumlah vendor smartphone secara global untuk periode tahun 2019. Dan hasilnya, Huawei berhasil mengalahkan Apple serta menempati posisi kedua setelah Samsung.

Baca Juga:
Huawei Siap Bangun Infrastruktur 5G di Inggris

Riset Counterpoint (Sumber: GizmoChina.com)
Riset Counterpoint (Sumber: GizmoChina.com)

Dari catatan Counterpoint, Samsung berhasil mendistribusikan 296,5 juta unit smartphone selama tahun 2019 dan meningkat dari 291,8 juta unit pada tahun 2018. Sedangkan Huawei, mendistribusikan sebanyak 205,3 juta pada tahun 2019 dan 238,5 juta unit pada tahun 2018.

Di sisi lain, Apple harus puas dengan posisi ketiga dengan 196,2 juta unit di 2019 dan 206,3 juta unit di 2018. Setelahnya, berturut-turut ada Xiaomi, Oppo, Vivo, Lenovo, LG, dan Realme.

Baca Juga:
Perang Dagang Mereda, Amerika Tarik Peraturan yang Menyulitkan Huawei

Riset Canalyst (Sumber: GizmoChina.com)
Riset Canalyst (Sumber: GizmoChina.com)

Dengan meningkatkan jumlah pendistribusian smartphone tersebut, pangsa pasar dari Samsung dan Huawei pun meningkat dari tahun ke tahun. Untuk Samsung, meningkat dari 18 persen pada tahun 2018 ke 20 persen pada tahun 2019. Sedangkan Huawei dari 14 persen menjadi 16 persen pada periode yang sama.