Technologue.id, Jakarta – Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Meskipun bulan Ramadan baru akan dimulai, berbagai pihak sudah menggelar persiapan menyambut Lebaran yang bakalan diwarnai gelombang mudik besar-besaran.

Tak terkecuali XL Axiata. Operator telekomunikasi tersebut mengaku sudah melakukan segala upaya dengan menghadirkan paket khusus maupun peningkatan kapasitas dan jaringan demi memberikan layanan terbaik di bulan Ramadan hingga menjelang berakhirnya bulan Ramadan.

Alvin I. Aslam selaku GM Partnership, Audit and Data Management XL mengklaim perusahaannya sudah mengadopsi teknologi network function virtualization (NFV). Teknologi ini diharapkan bisa mendistribusikan jaringan dan kapasitas XL secara cepat di lokasi yang pada pelanggan supaya layanannya tetap bisa dinikmati secara optimal.

“Kita sudah persiapkan diri untuk menghadapi gelombang mudik yang biasanya terjadi menjelang dan sesudah Lebaran. XL sudah melakukan peningkatan kapasitas, menyediakan mobile BTS (base transceiver station) dan menerapkan teknologi baru NFV,” kata Alvin di Jakarta Convention Center (JCC).

- Advertisement -

Soal Mobile BTS, Alvin menyebutkan perusahaannya sudah menyebar 20 unit perangkat jaringan bergerak tersebut di beberapa wilayah. “Daerah di jalur mudik ke Medan, tol Cipali, Brebes, Tegal, Tuban dan Sumbawa jadi fokus Mobile BTS karena diprediksi punya lokasi yang dipadati para pemudik,” imbuhnya kepada tim Technologue.id.

XL memprediksi kenaikan layanan telekomunikasi di jaringannya pada Lebaran bakalan bervarisi. Layanan telepon naik 5-10 persen dari trafik hari biasa yang mencapai 227 menit per hari, SMS naik 10-15 persen dari 136 juta SMS per hari dan layanan data bakalan naik 30-40 persen dari 1.350 terabita per hari.