Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
29 Oktober Jadi Peringatan Hari Internet, Ini Sebabnya
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Saat ini, internet seperti sudah menjadi kebutuhan primer jutaan umat manusia. Tak cuma karena kini makin mudah terkoneksi ke internet, yaitu melalui smartphone, kecepatan jaringan dan hadirnya beragam situs dan platform yang bergantung ke internet adalah penyebabnya. Akan tetapi, lebih dari 50 tahun lalu, tentu keadaannya jauh berbeda dibandingkan sekarang. Internet masih menjadi sistem yang sangat amat terbatas penggunaan dan user-nya. Kebetulan, hari ini, 29 Oktober, adalah momen bersejarah dalam perkembangan internet.

Baca juga:

Apa Kabar Target Kemkominfo Hubungkan Seluruh Ibukota Kabupaten dengan Internet?

Di akhir 1960-an, internet hanya mengoneksikan empat komputer di dunia. Jaringan eksperimental yang dinamai ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) ini menghubungkan komputer di University of California Los Angeles (UCLA), SRI International (yang kemudian lebih dikenal sebagai Stanford Research Institute), UC Santa Barbara, dan University of Utah. Pada 29 Oktober 1969, dua komputer yang masing-masing berada di UCLA dan Stanford mencoba berhubungan satu sama lain untuk pertama kalinya. Mereka mencoba mengetik kata "LOGIN". Namun, hanya huruf "L" dan "O" yang berhasil terkirim melalui line telepon antara dua universitas top itu sebelum komputer mengalami crash dan koneksinya down.

Baca juga:

Ini Kota Pertama di Indonesia yang Internetnya 100% Pakai Fiber Optik

"Koneksi tahun 1969 tak hanya capaian yang simbolis dalam proyek bakal internet, tetapi ide utama untuk saling menghubungkan komputer dan jutaan orang," kata Marc Weber, pendiri Museum’s Internet History Program, seperti redaksi kutip dari Poynter.org. Baru beberapa tahun kemudian, terciptalah TCP/IP protocol. Dengan temuan ini, menjadi mungkin komputer-komputer untuk saling terkoneksi dalam sebuah jaringan hingga menghubungkan miliaran orang di permukaan Bumi seperti sekarang. Bahkan, kini sedang digalakkan kampanye penerapan internet yang lebih kompleks, seperti Internet-of-Things (IoT).

Baca juga:

Mau Cari Kerja Online Tapi Internet Lemot? LinkedIn Punya Solusi

Itulah sejarah singkat mengapa 29 Oktober menjadi peringatan Hari Internet Sedunia sejak 2005 lalu. Semoga dapat menambah khasanah Anda.  

SHARE:

Boston Dynamics Pamer Robot Humanoid Atlas Baru Bertenaga Listrik

Google Maps Dapat Peningkatan, Bisa Cari Lokasi SPKLU