Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
3 Tips Membuat Gadget Anda Lebih Berkelanjutan di 2023
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Seiring kemajuan teknologi dan menjadi lebih terintegrasi ke dalam kehidupan kita sehari-hari, penting untuk mempertimbangkan dampak lingkungan dari gadget kita.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat gadget Anda lebih berkelanjutan di tahun 2023.

1. Kurangi Konsumsi Energi Anda

Salah satu cara untuk membuat gadget Anda lebih berkelanjutan adalah dengan mengurangi konsumsi energinya. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, yakni sebagai berikut:

Gunakan mode hemat daya

Banyak gadget, seperti laptop dan smartphone, memiliki mode hemat daya yang dapat mengurangi konsumsi energi secara signifikan. Mengaktifkan mode ini dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai perangkat Anda dan mengurangi penggunaan energi secara keseluruhan.

Cabut pengisi daya saat tidak digunakan

Terkadang kita lupa kalau perangkat yang dimiliki daya baterainya sudah terisi penuh Untuk itu, pastikan mencabut pengisian daya saat tidak digunakan untuk mengurangi pemborosan energi.

Gunakan strip daya cerdas

Strip daya cerdas memungkinkan Anda mengontrol penggunaan daya beberapa perangkat sekaligus. Anda dapat mengaturnya untuk mematikan perangkat yang tidak digunakan, yang dapat membantu mengurangi konsumsi energi Anda secara keseluruhan.

2. Perbaiki dan Tingkatkan Gadget Anda

Cara lain untuk membuat gadget Anda lebih berkelanjutan adalah dengan memperbaiki dan memutakhirkannya daripada membeli yang baru. Ini adalah beberapa tips untuk melakukannya, sebagai berikut:

Pelajari cara memperbaiki gadget Anda

Ada banyak sumber online yang tersedia dan bisa mengajari Anda cara memperbaiki masalah umum pada gadget Anda. Ini dapat menghemat uang dan mengurangi pemborosan yang memungkinkan Anda untuk memperbaikinya daripada menggantinya.

Tingkatkan gadget Anda

Jika gadget Anda lambat atau tidak berfungsi dengan baik, Anda mungkin tergoda untuk menggantinya. Pertimbangkan untuk memutakhirkannya dengan komponen yang lebih efisien. Misalnya, mengganti hard drive lama dengan solid-state drive yang menggunakan lebih sedikit energi dan lebih cepat.

Beli gadget rekondisi

Jika memang perlu membeli gadget baru, pertimbangkan untuk membeli gadget rekondisi. Gadget refurbished adalah perangkat bekas yang telah dikembalikan ke kondisi aslinya dan sering kali dijual dengan harga diskon.

3. Daur Ulang Gadget Anda

Saat tiba waktunya untuk membuang gadget Anda, pastikan untuk mendaur ulangnya dengan benar. Banyak perangkat elektronik mengandung bahan berbahaya yang dapat merusak lingkungan jika tidak dibuang dengan benar.

Nah, dalam penjelasan tips ketiga ini, Anda bisa mengikuti beberapa tips untuk mendaur ulang gadget Anda, yakni sebagai berikut:

Temukan fasilitas daur ulang yang memiliki reputasi baik

Ada banyak fasilitas daur ulang elektronik yang dapat membuang gadget Anda dengan benar. Lakukan riset dan temukan fasilitas terkemuka di daerah sekitar Anda.

Hapus semua data pribadi

Sebelum mendaur ulang gadget Anda, pastikan untuk menghapus semua data pribadi dari perangkat tersebut. Ini dapat dilakukan dengan melakukan reset pabrik atau dengan melepas perangkat penyimpanan secara fisik.

Donasi untuk tujuan yang baik

Jika gadget Anda masih dalam kondisi kerja yang baik, Anda mungkin bisa menyumbangkannya ke organisasi amal. Ini dapat membantu memperpanjang umur gadget Anda dan mengurangi limbah.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, Anda dapat menjadikan gadget Anda lebih berkelanjutan di tahun 2023. Upaya mengurangi konsumsi energi, memperbaiki dan meningkatkan gadget Anda, serta mendaur ulangnya dengan benar dapat membantu Anda untuk mengurangi dampak lingkungan.

SHARE:

Tonjolkan Galaxy AI, Duo Lipat Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 Resmi Meluncur di Indonesia

Bukan Sony, Apple Tunjuk Supplier Lain Garap Sensor Kamera iPhone 18