Technologue.id, Jakarta – Google punya proyek besar yang mungkin tak lama lagi bisa dinikmati masyarakat, yakni mobil tanpa awak. Proyek perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California, Amerika Serikat itu sudah melewati beberapa tahap, termasuk pengujian.

Namun, Google tak bisa menutup mata. Mereka kini punya sejumlah kompetitor yang siap bersaing menggarap di ladang yang sama. Berdasarkan pengakuan Brad Templeton, konsultan proyek mobil tanpa awak Google, pada TechInsider.io (10/6/16), berikut sejumlah perusahaan yang memimpin di bidang driverless car bersama Google.

1. Nissan
Kiprah perusahaan yang satu ini mulai tercium saat memamerkan konsep Nissan IDS. Kelebihan mencolok mobil pintar tersebut terletak pada setirnya yang bisa dilipat ke bagian dashboard.

Di samping bermimpi untuk menyediakan teknologi mobil tanpa awak secara massal pada 2020 mendatang, Nissan pun telah mengambil langkah konkret. Ya, mereka dikabarkan akan menguji prototipe autonomous car nya di jalanan Jepang tahun ini.

2. Volvo
Tak banyak orang memperhitungkan nama Volvo di industri ini, tetapi Volvo telah menjelma menjadi pesaing yang alot bagi Google. Pabrik asal Swedia tersebut dijadwalkan bakal mencoba performa mobil tanpa awaknya di sejumlah kota, seperti London, tahun depan. Di masa percobaan ini, mobil pintar Volvo akan merekam dan mempelajari aktivitas para pengemudi untuk pengembangan kendaraan tanpa awak mereka.

3. Bosch
Bosch dimasukkan ke daftar ini atas inisiatifnya karena telah mencoba teknologi mobil tanpa awaknya di beberapa jalan bebas hambatan di Jerman, Amerika Serikat, dan Jepang. Walau tak banyak diberitakan media, ternyata Bosch telah melakukan uji coba ini sejak 2013.

Kendati banyak yang mengenali Bosch sebagai produsen teknologi rumah dan dapur, perusahaan dari Jerman ini mengklaim siap menyediakan teknologi mobil tanpa supir pada 2020 nanti.

4. Daimler
Bertekad agar perusahaan teknologi tak menguasai ranah otomotif yang selama ini sudah menjadi ladangnya, Daimler begitu berkomitmen untuk mengembangkan mobil pintar. Induk dari Mercedes-Benz tersebut tahun lalu sudah membuat mobil tanpa awak yang telah mengaspal.

Mobil-mobil produksi mereka pun sudah disusupi teknologi canggih sedikit demi sedikit, contohnya Mercedes 2017 E-Class yang mempunyai fitur semi-autonomous seperti mode autopilot ketika melaku di jalan tol dengan kecepatan hingga 209 km/jam.

 

Baca juga:

5 ALUMNI GOOGLE DENGAN PRESTASI MEMBANGGAKAN

GOOGLE SEMPAT INGIN BELI TWITTER LEWAT SEBUAH BISIKAN

GOOGLE MAU BIKIN SMARTPHONE SENDIRI, DEMI SAINGI APPLE?