Technologue.id, Jakarta – Beberapa bulan terakhir, vlog menjadi tren baru di Indonesia. Tak cuma artis atau figur publik, influencer di media sosial pun banyak yang mulai memproduksi vlog. Intinya, siapa pun yang punya akses ke internet, sebenarnya punya kans untuk menjadi produsen vlog ternama. Anda? Bisa saja, kok.

Berminat membuat vlog? Kira-kira, perangkat apa saja yang diperlukan untuk menghasilkan vlog yang enak dilihat? Berikut rekomendasi redaksi Technologue.id:

1. Kamera
Karena kekuatan vlog ada di visual, maka penting untuk mempersenjatai diri dengan kamera yang mumpuni. Memang, tak ada salahnya kalau ingin menggunakan kamera ponsel saja, tetapi merekam dengan kamera pocket bakal lebih baik.

Di pasaran, ada sejumlah kamera pocket yang begitu layak untuk dipakai vlogging. Kalau budget belum mencukupi untuk membeli kamera terbaik saat ini, paling tidak, pilihlah kamera yang mampu merekam dengan resolusi minimal HD atau memiliki inbuilt Wi-Fi untuk memudahkan Anda mentransfer video ke laptop atau smartphone.

2. Tripod
Semisal kamera sudah ada di tangan, tripod adalah aksesori yang kemungkinan besar akan sering Anda butuhkan untuk proses perekaman vlog. Sebab bagi tiap vlogger, membuat vlog tak melulu menghasilkan video berkualitas apik, tetapi usahakan juga selalu stabil.

Kalau vlog Anda tidak fokus atau malah goyang-goyong tak beraturan, viewer juga yang kasihan. Kesan profesional pun bisa muncul salah satunya dari kestabilan vlog yang Anda buat.

3. Pencahayaan
Penting untuk diingat bahwa merekam video tak boleh cuma bergantung pada pencahayaan natural. Indikator lightning yang sempurna perlu diperhatikan oleh vlogger. Di sisi lain, mempunyai perlengkapan pencahayaan dapat menguntungkan semisal Anda berniat untuk membuat efek atau tone video tertentu.

4. Software editing
Begitu berhasil merekam video pertama Anda, sebaiknya tak langsung mengunggahnya ke dunia maya. Kemungkinan besar, video yang Anda hasilkan tadi masih mentah. Untuk itu, olahlah raw material tadi dengan software video editor agar lebih sempurna.

Beberapa software yang ideal untuk para vlogger antara lain Adobe Premiere Pro atau Final Cut Pro.