Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
5 Cara Mudah untuk Melindungi Data Pribadi di Era Digital
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Era digital saat ini membuat kita semakin mudah untuk melakukan aktivitas apapun seperti dalam berkomunikasi, berbelanja, dan bahkan bekerja.

Dengan semakin banyaknya data pribadi yang kita berikan secara online, risiko kehilangan atau pencurian data juga menjadi semakin tinggi. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami cara untuk melindungi data pribadi kita. Artikel ini akan menjelaskannya agar kamu terhindar dari pencurian data. Berikut ini adalah 5 cara mudah untuk melakukannya:

Baca Juga:
5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Baterai iPhone yang Boros

  1. Gunakan sandi yang kuat dan unik

Sandi merupakan garis pertahanan utama untuk melindungi akun online kita. Pastikan untuk menggunakan sandi yang kuat dan unik, yang terdiri dari huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Jangan lupa untuk mengganti sandi secara berkala.

  1. Jangan berbagi informasi pribadi secara sembarangan

Jangan memberikan informasi pribadi kepada siapa saja, terutama melalui internet. Sebaiknya hanya berbagi informasi pribadi dengan pihak yang dipercayai dan memiliki kebutuhan yang valid.

  1. Pastikan untuk menggunakan jaringan yang aman

Jika Anda harus mengakses internet melalui jaringan publik, pastikan untuk menggunakan VPN atau jaringan privasi untuk melindungi data Anda dari serangan peretas.

  1. Jaga keamanan perangkat Anda

Pastikan untuk mengatur pengaturan keamanan pada perangkat Anda, seperti mengaktifkan kunci layar dan mengatur sandi aplikasi. Jangan lupa untuk menjalankan pembaruan perangkat dan aplikasi secara berkala untuk mengatasi kelemahan keamanan.

  1. Jangan klik pada tautan yang tidak dikenal

Jangan mudah tertipu oleh tautan yang tidak dikenal atau e-mail yang tidak diinginkan. Jika Anda merasa ragu, sebaiknya tidak mengklik tautan tersebut.

Penting untuk diingat bahwa melindungi data pribadi tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau perusahaan, tetapi juga menjadi tanggung jawab kita sebagai pengguna internet. 

Dengan melakukan langkah-langkah yang disebutkan di atas, kita dapat melindungi diri kita dari risiko kehilangan atau pencurian data pribadi.

SHARE:

Apple Siapkan Penerus Vision Pro yang Lebih Murah, Harga Rp26 Jutaan?

Presiden Jokowi Bentuk Satgas Judi Online, Ini Tugas dan Susunan Anggotanya