5 Keunggulan Moto Z2 Play daripada Moto Z, Nomor 4 Mungkin Anda Cari!

Moto Z vs Moto Z2 Play (source: Motorola)

Technologue.id, Jakarta – Pekan ini, konsumen Tanah Air kembali ditawari produk baru. Moto Z2 Play mulai Senin (10/07/17) kemarin hingga 21 Juli mendatang sudah bisa dibeli dalam tahap pre-order dan selang beberapa hari kemudian dijadwalkan dikirimkan ke para pembeli. Namun, jalan yang harus dilalui Moto Z2 Play di pasaran mungkin tak akan mulus karena ia telah ditunggu beragam kompetitor, termasuk “kakaknya” sendiri yang lebih dulu meluncur, Moto Z.

Redaksi lantas mencoba melihat perbandingan di antara keduanya di atas kertas dan berhasil merangkumkan lima kelebihan Moto Z2 Play dibanding saudara tuanya. Berikut pembahasannya.

1. Harga Lebih Murah, Spesifikasi Tak Jauh Beda
Kalau budget Anda terbatas tetapi ingin sekali membawa pulang smartphone berlogo “M” di punggungnya, Moto Z2 Play adalah solusi paling realistis. Banderol asli Moto Z2 Play yang cuma Rp6.499.000 ditambah sejumlah bonus selama masa pre-order jelas lebih ramah di kantong daripada Moto Z (Rp8.499.000).

Terlebih, karakteristik dan spesifikasi yang dikandung keduanya tak selisih jauh. Mereka sama-sama berukuran 5,5 inci, shooter utama mumpuni, kamera selfie dengan resolusi yang sama, sensor sidik jari, serta bertipe modular. Ya, baik Moto Z dan Moto Z2 Play bisa diperkuat dengan mods dengan spesifikasi tertentu, dari kapasitas baterai tambahan, proyektor, hingga speaker dan kamera yang lebih oke.

Moto Z2 Play (source: Motorola)

2. Teknologi Kamera Utama yang Lebih Tinggi
Moto Z2 Play diklaim Motorola sebagai produk pertama mereka yang shooter utamanya mampu menggabungkan laser autofocus dengan dual-autofocus pixels. Bukaannya yang sudah f/1.7 juga lebih baik dari Moto Z yang masih f/1.8, sehingga memungkinkan fotonya lebih jago memotret dalam gelap atau cahaya minim.

3. Nougat Bawaan
Lahir terakhir ternyata membawa berkah bagi Moto Z2 Play. Pasalnya, gawai tersebut sudah dibekali Android 7.1.1 Nougat langsung alias on the box.

Berbeda dengan Moto Z yang cuma memakai OS bawaan Android 6.0.1 Marshmallow. Meski Moto Z masih mendapatkan jatah untuk upgrade ke Nougat, rasanya bagi pengguna yang tidak mau ribet, leih baik membawa pulang Moto Z2 Play saja.

4. Headphone Jack
Jack 3,5mm memang fitur klasik. Namun dengan pertimbangan tertentu seperti agar bodi lebih tipis, Motorola memutuskan untuk menanggalkan port tersebut pada Moto Z. Mirip seperti iPhone 7, Moto Z mempersilakan penggunanya yang ingin menggunakan headphone dengan port standar memakai 3,5mm to USB-C adapter.

Akan tetapi, beberapa user pasti ada yang menganggapnya kurang fleksibel. Jika Anda adalah audiophile yang sudah punya headphone andalan atau malas membeli headphone nirkabel, Moto Z2 Play adalah opsi yang lebih baik daripada Moto Z.

5. Sumber Daya yang Lebih Besar
Di atas kertas, Moto Z2 Play bakalan lebih nyaman dipakai sehari-hari karena kapasitas baterainya sudah 3.000mAh. Sementara Moto Z, mengutip dari situs resmi Motorola Indonesia, hanya 2.600mAh.

Menariknya, Motorola di situs resminya berani mengklaim kalau Moto Z dan Moto Z2 Play cukup kuat dipakai hingga 24 jam. Keduanya turut ditanami fitur TurboPower, yang memungkinkan pemakaian hingga 7 jam dalam 15 menit charging.

 

Moto Z (source: Motorola)

Walau begitu, Moto Z masih punya kelebihan tersendiri dibanding Moto Z2 Play itu. Misalnya, Moto Z berbobot lebih ringan (136 gram dibanding 145 gram) dan mengusung resolusi serta kerapatan layar yang lebih tinggi (1440x2560p berbanding 1080x1920p dan 535ppi berbanding 401ppi).

 

Baca juga:

Resmi Meluncur, Seri Moto Z Dipasarkan Pakai Bundling Mods

Moto Z2 Play Mulai Dijual Pre-Order, di Mana Anda Bisa Membelinya?

Lenovo Janjikan Banyak Mods Untuk Moto Z dan Moto Z Play