5 Produsen Chipset Terbesar di Dunia, Qualcomm No.1

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Lembaga riset Strategy Analytics baru saja merilis daftar lima produsen chipset ponsel terbesar di dunia tahun 2020. Dikatakan bahwa Qualcomm lah yang berada di posisi teratas.

Qualcomm berhasil menguasai 31% pangsa pasar chipset dunia di sepanjang tahun 2020. Disusul dengan Apple berada di posisi ke dua dengan chipset Bionic-nya yang menguasai 23% pangsa pasar.

Baca Juga:

Qualcomm Siapkan Pesaing Nintendo Switch

Posisi ketiga diraih oleh Huawei HiSilicon dengan pangsa pasar sebesar 18%. Kemudian di posisi keempat dan kelima secara berurutan diduduki oleh Mediatek dan Samsung, masing-masing menguasai 18% dan 9%.

Seperti dilansir dari Gadgets Now, Jumat (24/3/2021), Associate Director Strategy Analytics, Sravan Kundojjala menyebut tingginya permintaan perangkat 5G berkontribusi pada angka-angka tersebut.

Baca Juga:

Samsung Bangun Pabrik Chipset di Texas


Tidak hanya itu, faktor lain yang ikut berkontribusi adalah perang dagang AS-China dan pandemi Covid-19. Seperti diketahui bersama, saat ini permintaan ponsel cukup tinggi salah satunya untuk memenuhi kebutuhan belajar daring.

Terlepas dari itu semua, pasar ponsel global berhasil membukukan pendapatan tinggi sepanjang gahun 2020. Sravan memprediksi di 2021 ponsel 5G di kelas mid-range dan low-end dari Qualcomm, MediaTek, Samsung, dan Unisoc bakal mempengaruhi harga jual rata-rata (ASP).

- Advertisement -

Latest News

Related Stories