Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

News Internet Latest News Headline Apps

5 Rekomendasi Aplikasi untuk Cek Kualitas Udara di Jakarta

byAnggi Maysarah - editorDenny Mahardy Jun 20, 2022

Technologue.id, Jakarta - Polusi udara di Indonesia merupakan hal yang telah lama dialami oleh beberapa wilayah, salah satunya Jakarta. Menjadi ibu kota negara sekaligus pusat perekonomian negara, tak heran jika Jakarta menjadi salah satu kota dengan aktivitas dan penduduk terpadat di Indonesia.

Banyaknya aktivitas oleh masyarakat, terutama yang mengharuskan untuk berkendara, pastinya akan meninggalkan dampak buruk terutama untuk polusi udara.

Belakangan ini kualitas udara di Jakarta juga sangat lah buruk. Tentu saja, tak bisa dipungkiri bahwa kualitas udara di perkotaan memang akan jauh dari kata bersih.

Baca Juga:
Kini Tak Semua Orang Bisa Mengintip Status Anda di WhatsApp

Jika kondisi tersebut berlangsung lama, tentu saka akan sangat mengkhawatirkan masyarakat karena secara tidak langsung bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

Melihat keadaan yang seperti itu, sangatlah diperlukan oleh masyarakat untuk senantiasa menjaga diri dan kesehatan. Salah satunya dengen rutin mengecek kualitas uadar tiap waktu.

Hal itu perlu dilakukan sebagai salah satu mempersiapkan diri jika ingin beraktivitas di luar rumah, misal jika diperlukan untuk mengenakan masker.

Untuk dapat mengecek kualita udara tidaklah sulit. Bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi. Berikut 5 aplikasi yang dapat digunakan untuk cek kualitas udara:

1. JAKI – Jakarta Kini


JAKI merupakan aplikasi berbasis kota pertama yang dikembangkan oleh Unit Pengelola Jakarta Smart City. Melalui aplikasi JAKI ini masyarakat Jakarta dapat mengakses beragam informasi resmi dan berbagai layanan masyarakat dari Pemprov DKI Jakarta hanya dengan satu aplikasi ini.

JAKI juga menjadi portal integrasi berbagai layanan publik di Jakarta, memberikan ruang baru untuk melapor permasalahan kota. Banyak fitur yang ditawarkan oleh JAKI ini salah satunya adalah JakISPU untuk memantau indeks standar pencemaran udara Jakarta secara langsung dan akurat setiap hari.

2. Info BMKG


Info BMKG merupakan aplikasi mobile resmi yang dirlis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Di Info BMKG ini terdapat banyak fitu-fitur yang ditawarkan seperti perkiraan cuaca, gempabumi, iklim, kualitas udara, dan lainnya. Untuk fitur Kualitas Udara, akan menyajikan informasi kualitas udara dalam konsentrasi Partikulat Matter (PM2.5) di berbagai kota di Indonesia.

3. Kualitas Udara


Melalui aplikasi Kualitas Udara, pengguna dapat memantau kualitas udara tempat pengguna berada. Selain itu, juga dapat digunakan untuk memeriksa aktivitas mana yang tidak disarankan jika terjadi polusi.

Pengguna juga dapat memeriksa kondisi cuaca dengan sangat akurat dan mencari semua lokasi di dunia untuk dapat melihat kualitas udara secara real time.

4. Nafas, Indonesia Air Quality


Nafas merupakan aplikasi kualitas udara buatan Indonesia yang dirancang untuk membantu pengguna mengelola paparan terhadap polusi udara. Ada banyak fitur yang tersedia di nafas ini, seperti peta kualitas udara secara real time, ikuti lokasi terpenting kamu, peringkat kualitas udara, dan lainya. nafas juga telah memiliki jaringan sensor kualitas udara terbesar, ada lebih dari 160 sensor di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan banyak tempat lainnya.

Baca Juga:
Cara Perpanjang SIM Online 2022

5. IQAir Air Visual


Aplikasi ini dapat memberikan ramalan polusi udara dan cuaca di lebih dari 10.000 kota di seluruh dunia. Semua akan ditampilkan dengan grafik yang menarik dan mudah dimengerti. Data dari IQAir ini kerap dijadikan tolak ukur untuk melihat kualitas udara yang ada di suatu wilayah.

Itulah lima aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek kualitas udara terutama untuk yang tinggal di kota-kota besar. Semoga bermanfaat!

#Jakarta #PolusiUdara #CekKualitasUdara #AplikasiUntukCekKualitasUdara #JAKI #InfoBMKG #KualitasUdara #Nafas #IQAirAirVisual

Baca Juga