Walau saat ini bukan menjadi pesaing utama perusahaan teknologi sekelas Samsung dan Apple, LG masih dipandang sebagai vendor besar. Selain memproduksi smartphone, pabrik asal Korea Selatan ini juga memasok beragam barang elektronik untuk kelas konsumen, seperti televisi, mesin cuci, dan kulkas.

Seperti perusahaan besar lain, LG juga sudah membuat sejarah dalam perjalanannya menjadi entitas ternama seperti sekarang. Berikut beberapa di antaranya:

1. Nama asli dan asal mula LG
Perusahaan ini didirikan tahun 1958 atau setelah Perang Korea, tetapi tidak langsung bernama LG, yakni GoldStar. Misi utama GoldStar saat pertama didirikan adalah mendorong kemajuan Korea Selatan lewat produksi barang elektronik dalam negeri.

Seiring berjalanya waktu, GoldStar merger dengan Lak-Hui Chemical tahun 1995. Keduanya pun mengusung nama baru, yaitu Lucky-GoldStar, yang kemudian disingkat menjadi LG.

- Advertisement -

2. Gonta-ganti slogan
Saat ini, LG begitu populer dengan slogan “Life’s Good”. Namun sebelumnya, mereka juga punya slogan lain. Ada “Future’s Technology” yang dipakai tahun 1197 sampai 1999. Sementara “Digitally Yours” menemani logo LG sedari 1999 sampai 2004.

Mana yang menurut Anda paling cocok?

3. Produsen ponsel pertama dengan layar kapasitif
Dulu sebelum smartphone dengan layar kapasitif populer, adalah layar resistif yang dipakai. Layar dengan tipe ini bekerja dengan merespons tekanan, sehingga akurasi dan responsifnya jauh lebih rendah dibanding kapasitif.

Kebetulan, LG-lah penemu smartphone dengan touchscreen bertipe kapasitif. LG Prada atau LG KE850 mengusuung layar seluas 3 inci dengan resolusi 240×400. Handset yang dikenalkan pada 2007 itu bukan yang terbaik saat ini, tetapi cukup revolusioner di zamannya hingga berhasil mencatat penjualan 1 juta unit dalam 18 bulan pertamanya.

4. Pemakai smartphone layar lengkung pertama
Identitas Samsung sebagai produsen ponsel curved screen memang sudah terlanjur melekat. Tengok saja karya terakhir mereka, Galaxy S7 Edge. Akan tetapi di sisi lain, LG-lah yang layak menyandang gelar pioner.

Buktinya sebulan sebelum Samsung memamerkan Galaxy Round, LG G Flex sudah dikenalkan lebih dulu.

5. Memopulerkan smartphone modular
Inovasi LG berlanjut di tahun ini dengan mengenalkan LG G5 di bulan Februari. Ya, itulah smartphone modular pertama LG. Memang bukan yang pertama, karena Fairphone 2-lah yang lebih dulu rilis, tetapi G5 boleh diganjar smartphone modular mainstream pertama di pasar high-end. Detailnya, LG G5 memiliki baterai di luar bodi yang bisa dibongkar-pasang kapan saja.