Technologue.id, Jakarta – Sudahkah Anda mencoba sistem operasi terbaru Microsoft? Memang, tak sedikit yang meremehkan kapasitas Windows 10. Namun, ada kemungkinan mereka belum tahu saja cara memaksimalkannya, semisal dengan rajin menggunakan shortcut.

Kombinasi tombol keyboard berikut barangkali bisa mempercepat aktivitas kerja Anda dengan laptop atau PC berisi Windows 10. Silakan pelajari dan gunakan sehari-hari!

1. Win + D
Semisal Anda sedang membuka banyak program dan ingin kembali ke desktop secara cepat, caranya gampang. Cuma perlu memencet tombol ikon Windows dan ‘D’, maka Anda akan langsung dibawa ke layar utama laptop atau PC Anda. Setelah sampai di desktop dan semisal ingin kembali lagi ke program yang terakhir Anda buka, pencet lagi saja kombinasi tombol ini.

Jauh lebih mudah dan cepat kan daripada harus mengarahkan kursor dan mengklik pojok kanan layar atau mungkin mengklik kanan taskbar dan memilih ‘Show the Desktop’?

2. Win + L
Kalau hotkey yang satu ini berguna untuk mengunci perangkat Anda dengan sangat cepat. Begitu Anda memencet tombol ikon Windows dan ‘L’, Anda akan dibawa ke lock screen. Solusi yang jauh lebih cepat jika Anda ingin mengunci layar Anda ketika ditinggal sejenak tanpa mengklik kombinasi Ctrl + Alt + Del.

3. Win + E
Mau membuka Windows Explorer dengan cepat? Kombinasi tombol ini yang Anda butuhkan. Dalam hitungan detik, Anda bakal diantarkan ke Quick Access secara default. Di folder ini, Anda bisa mengetahui file-file yang terakhir Anda buka sekaligus folder yang paling sering diakses.

Shortcut yang satu ini sebenarnya juga sudah ada di versi-versi Windows sebelumnya. Namun tak ada salahnya mengingatkan Anda kembali terkait penggunaan shortcut ini karena begitu bermanfaat.

4. Win + Tab
Ini dia shortcut modern khas Windows 10. Setelah memencet tombol logo Windows plus Tab, layar Anda akan menampilkan program-program yang sedang aktif di perangkat Anda berikut dengan thumbnail mininya. Fitur ini dirasa sangat membantu dalam memantau aktivitas sebuah program secara real-time, misal ketika sedang men-download.

Sebagai tips tambahan, Anda bisa mengarahkan program yang aktif dengan tombol arah, lalu klik Enter untuk membukanya. Secara kasat, shortcut ini mirip Alt + Tab, tetapi dengan latar belakang wallpaper Anda.

5. Win + C
Jika Anda ingin merasakan sensasi dibantu oleh asisten virtual Microsoft, silakan gunakan shortcut ini. Sebab ketika Anda memencet kombinasi tombol itu, maka Anda bisa memanggil Cortana sekaligus membuatnya siap mendengarkan perintah suara Anda dalam Bahasa Inggris.

Dengan Cortana, Anda dapat melakukan sejumlah aktivitas dengan cepat. Contoh sederhana yang bisa dilakukan asisten pribadi Anda itu antara lain: menanyakan skor pertandingan klub olahraga favorit Anda dan mengatur jadwal kegiatan Anda.

 

Baca juga:

PENONTON SETIA YOUTUBE? HARUSNYA HAFAL 9 SHORTCUT BERIKUT

TRIK RAHASIA MEN-DOWNLOAD FOTO DAN VIDEO DARI INSTAGRAM

CARA MENONTON VIDEO TANPA KUOTA DI OPERA MINI