5 Tahun Berlalu, Subway Surfers Masih Jadi Game Terpopuler

Subway Surfers (source: gamerevolution.com)

Technologue.id, Jakarta – Orang-orang yang memainkan game di perangkat selulernya terbukti semakin banyak. Dari catatan SensorTower, pada kuartal pertama tahun ini saja, volume download mobile game sedunia mencapai 8,8 miliar. Jumlah yang didapat dari gabungan App Store dan Play Store itu naik dari Q1 2016 sebanyak 15 persen.

Tak cuma menyampaikan itu, SensorTower juga memaparkan klasemen game yang paling sering diunduh secara global. Dari 10 game itu, ada game yang terhitung pendatang baru, seperti Pokemon Go dan Super Mario Run. Namun, yang tak kalah menarik adalah masih berkuasanya Subway Surfers.

Popularitas Subway Surfers ini tergolong luar biasa. Walaupun usianya sudah hampir lima tahun, tetapi game endless runner versi orisinal ini tetap banyak dimainkan. Buktinya di toko maya Google, Subway Surfers juga menjadi jawara. Sementara di App Store, game yang dikembangkan oleh Kiloo dan SYBO Games itu masih bertengger di 10 besar.

Mobile game terpopuler Q1 2017 (source: SensorTower)

Barangkali, gameplay sederhana ala Subway Surfers menjadi alasan mengapa game itu masih sering diunduh. Anda hanya diminta untuk mengantarkan karakter yang telah Anda pilih untuk berlari tanpa henti, menghindari kejaran polisi ataupun rintangan yang menghadang dengan men-swipe layar ke kiri atau ke kanan. Game ini tidak mengenal kata tamat, jadi tolok ukur keberhasilan Anda dilihat dari skor sejauh apa Anda berlari.

Kendati demikian, Subway Surfers bukanlah pendatang uang bagi kreatornya. Jumlah unduhannya yang ada di nomor satu tak membuatnya masuk ke 10 besar mobile game dengan revenue tertinggi selama Januari sampai Maret 2017.

 

Baca juga:

Masih Ingat NES Classic? Game Jadul Itu Masih Laku Keras Lho!

Pokemon Go (Masih) Punya 65 Juta Pemain Aktif Setiap Bulan

Legenda Sepakbola Diego Maradona Labrak Konami