Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
5 Tren Teknologi Utama Meriahkan CES 2023
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Consumer Electronics Show (CES) 2023 akan dihelat mulai dari 5–8 Januari di Las Vegas, Amerika Serikat. Di tahun ke-56 ini, CES akan kembali digelar secara offline, setelah sempat diadakan secara virtual akibat wabah Covid-19.

CES menjadi pameran elektronik konsumen terbesar tahun ini. Di sinilah para ekosistem industri teknologi seperti penemu, perancang, pebisnis — besar dan kecil bertemu untuk memamerkan inovasi teknologi masa depan.

Bukan hanya masih sebatas konsep, melainkan ada juga yang sudah menjadi produk nyata.

Berikut Technologue.id paparkan tren teknologi utama yang diharapkan bisa dilihat dalam event CES 2023:

Baca Juga:
5 Smartphone Canggih yang Dinanti 2023

Pameran TV mutakhir

Ada lelucon lama bahwa CES pada dasarnya adalah acara pameran TV. Berbagai merek TV berlomba menampilkan layar datar mereka agar dapat dilirik oleh para pengunjung.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, CES masih akan menjadi acara TV tahun ini. Baik itu teknologi layar TV terbaru untuk menghasilkan rentang dinamis yang lebih baik atau peningkatan kecerahan, panel melengkung, TV yang dapat digulung, atau apa pun setelah 8K, CES akan menampilkan layar TV secara masif di setiap sudut.

Metaverse dan mixed reality

Headset mixed reality (XR) dilaporkan akan datang tahun ini. Perusahaan teknologi besar dan perusahaan rintisan kecil berambisi mengalahkan headset Apple atau memanfaatkan efek halo yang dimilikinya.

HTC berencana untuk mengumumkan headset ringan yang bersaing dengan Meta Quest 2 pada 5 Januari. Di kelas atas, ada XR-3 Varjo, yang disebut-sebut sebagai headset XR tercanggih dengan video passthrough 12 megapiksel beresolusi tinggi, bidang pandang terluas (115 derajat), dan teknologi pelacakan tangan dan mata premium.

Bukan hanya headset yang akan mendominasi pameran konvensi, apa pun yang berhubungan dengan metaverse akan bersaing untuk mendapatkan perhatian. Perusahaan teknologi senang meluncur ke masa depan dan di CES 2023, VR/AR/XR dan metaverse akan menjadi kata kunci paling besar. abahkan jika Meta kemungkinan tidak akan mengumumkan headset baru setelah meluncurkan Quest Pro beberapa bulan lalu.

Mobil listrik (EV)

Dalam beberapa tahun terakhir, CES mulai menjadi pameran mobil. Merek seperti Mercedes-Benz dan LG menggunakan CES untuk membayangkan seperti apa interior sebuah mobil dengan layar besar, speaker sandaran kepala, dan lampu interaktif. Dan berkat peralihan ke kendaraan listrik, produsen mobil akhirnya melangkah keluar dari zona nyaman mereka untuk benar-benar menata ulang estetika mobil.

EV akan menjadi kategori besar di CES sekali lagi, dan meskipun ini bukan pameran mobil, seharusnya ada beberapa pengumuman kendaraan yang menarik. Diperkirakan lebih banyak tentang konektivitas (Android Auto dan CarPlay), dan peningkatan pemanfaatan machine learning dan artificial intelligence untuk fitur-fitur seperti teknologi self-driving.

Bukan hanya mobil listrik, EV juga mencakup mobilitas listrik seperti e-bike dan e-skuter seharusnya juga akan meramaikan CES 2023.

Baca Juga:
Smartphone Flagship Terbaik 2022 Buat Kaum Sultan

Rumah pintar (smart home)

Konsep rumah pintar belum memenuhi potensi yang dijanjikan dalam tujuh tahun terakhir. Rumah pintar umumnya masih menggunakan asisten suara untuk memeriksa cuaca, memutar musik, atau mengontrol fungsi sederhana seperti menyalakan lampu atau perangkat lain.

Dengan Amazon melakukan monetisasi Alexa dan menemukan cara yang berarti untuk memperluas asisten suara, tampaknya pihak ketiga akan terus melakukan investasi rumah pintar.

Masih banyak cara agar rumah pintar bisa ditingkatkan. Penasaran mengetahui bagaimana koneksi rumah pintar yang makin canggih.

Smartphone

CES menjadi wadah peluncuran produk teknologi konsumen, seperti smartphone, yang paling menyita perhatian. Namun kemungkinan sejumlah vendor ponsel besar tidak akan memperkenalkan smartphone terbaru mereka di CES 2023.

Ada Mobile World Congress (MWC) yang diselenggarakan sekitar sebulan kemudian. Tahun ini, MWC berlangsung dari 27 Februari hingga 2 Maret, di Barcelona. Samsung, Huawei, Xiaomi, dan masih banyak lagi akan hadir untuk memamerkan produk foldable terbaru mereka.

SHARE:

Iqbaal Ramadhan Bantu IM3 Pasarkan Paket Internet Mulai Rp 15 Ribu

Bangun Aliansi, Hyundai Perluas Pengisian Daya Mobil Listrik