Home Headline 533 Juta Database Pengguna Facebook Bocor

533 Juta Database Pengguna Facebook Bocor

Facebook Siapkan Berbagai Aktifitas dan Program Selama Bulan Ramadan (sumber foto: financialexpress.com)

Technologue.id, Jakarta – Database pengguna Facebook lagi-lagi bocor di dunia maya. Lebih dari 533 juta data pengguna Facebook dari 106 negara terekspos secara online dengan gratis.

Temuan dari Alon Gal, Co-Founder & CTO, Chief Technology Officer Hudson Rock, ini disebar melalui akun media sosialnya. Menurutnya, data yang terungkap mencakup informasi pribadi lebih dari 533 juta pengguna Facebook yang bocor itu berasal dari 106 negara. Tercatat lebih dari 32 juta catatan pengguna di AS, 11 juta pengguna di Inggris, dan 6 juta pengguna di India.

Adapun data pribadi yang bocor berupa nomor telepon, ID Facebook, nama lengkap, lokasi, tanggal lahir, dan beberapa alamat email.

Baca Juga:
Duh! 267 Juta Data Pengguna Facebook Bocor

Pengguna Facebook Indonesia pun tak luput dari pembobolan data penting tersebut. Alon Gal menyebutkan pengguna FB dari Indonesia yang datanya bocor mencapai 130.331 akun. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia yang bocor hingga 11,67 juta akun, Singapura 3,07 juta akun, dan Filipina 879.699 akun.

Gal pertama kali melihat kebocoran data ini pada bulan Januari, ketika pengguna Telegram dapat membayar untuk mencari database. Para penyusup dilaporkan memanfaatkan cacat yang diperbaiki Facebook pada Agustus 2019 dan dilaporkan menyertakan informasi dari sebelum perbaikan itu.

Baca Juga:
Bocor! Ratusan Juta Nomor Telepon Pengguna Facebook Terekspose

Kebocoran data ini diketahui setelah dilakukan peninjauan sampel data yang bocor dan memverifikasi beberapa catatan dengan mencocokkan nomor telepon pengguna Facebook yang diketahui dengan ID yang terdaftar di kumpulan data.

Data yang bocor dapat memberikan informasi berharga kepada penjahat dunia maya yang menggunakan informasi pribadi seseorang untuk menyamar atau menipu mereka untuk menyerahkan kredensial masuk.