6 Fitur Baru Android yang Dipamerkan Google

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google umumkan bakal ada enam fitur baru di sistem operasi Android 11 yang bisa dinikmati para pengguna mulai pertengahan tahun ini. Update fitur ini dilakukan sebelum perusahaan luncurkan Android 12, yang rencananya bakal hadir pada paruh ketiga tahun 2021 nanti.

Google sebenarnya baru saja pamerkan deretan fitur baru ini buat HP Pixel-nya beberapa hari lalu, tapi kini mereka kembali tambahkan daftar fitur tersebut. Bedanya, enam fitur ini bakal ada di semua HP Android, bukan cuma di Pixel.

Hari ini kami menyambut musim panas dengan enam pembaruan untuk Android Anda yang fokus pada keamanan sehingga Anda terlindungi dari setiap sisi.” kata Fiona Lee, Manajer Program Android.

Berikut ini adalah uraian tentang enam fitur baru Android yang diumumkan Google.

  1. Sistem Peringatan Gempa Bumi

Google akan hadirkan sistem peringatan gempa bumi bernama “Android Earthquake Alert System” di Android, terutama di negara yang berisiko tinggi alami gempa bumi.

Sistem peringatan tersebut untuk saat ini sudah ada di Yunani, Selandia Baru, Turki, Filipina, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Beberapa negara berikutnya bakal menyusul tahun depan.

  1. Fitur Bintang di Message

Android hadirkan fitur bintang di aplikasi Message agar pengguna bisa tandai pesan yang penting. Caranya, cukup tekan lama pesan dan pilih tanda bintang.

  1. Emoji Kitchen Baru

Pada Bulan Mei lalu, Google bawa bagian baru di Emoji Kitchen, tempat untuk melihat emoji yang baru saja dipakai. Dengan fitur ini, Gboard bisa berikan saran emoji yang sesuai dengan pesan yang diketik pengguna.

Saran emoji akan langsung muncul di Emoji Kitchen Gboard, saat pengguna selesai mengetik pesan dan mengetuk ikon emoji.  Saran Emoji Kitchen ini ada di keyboard Gboard versi beta untuk bahasa Inggris, Spanyol, dan Portugis di Android 6.0 ke atas.

  1. Fitur Baru Google Assisten

Android juga perbarui asisten suara Google Assistant supaya bisa dipakai untuk lakukan tugas tertentu di sebuah aplikasi. Daftar lengkap dari perintah yang support Google Assistant bisa dilihat dengan perintah ‘hey Google, shortcuts’.

  1. Voice Access Bisa Deteksi Mata Pengguna

Fitur ini dihadirkan untuk pengguna yang punya kesulitan motorik, yaitu berupa perintah suara untuk gunakan ponsel.

Google juga tambahkan kemampuan untuk masukkan kata sandi untuk fitur ini saat deteksi kolom untuk login. Android berikan kemampuan “gaze detection” (deteksi tatapan) agar Voice Access cuma berfungsi saat pengguna melihat ke layar.

  1. Android Auto Bisa Cari Lokasi Parkir

Pengguna bakal dapatkan lebih banyak pilihan fitur untuk Android Auto, yaitu fitur Android ketika perangkat sedang terhubung dengan mobil pintar yang support Android. Fitur ini hadir untuk Android 6 ke atas.

Lewat update ini, pengguna bisa akses aplikasi navigasi, cari lokasi parkir, tempat isi daya mobol listrik, sampai lihat pesan masuk di laman depan.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories