HomeInternet6 trik belanja online yang mungkin belum Anda ketahui

6 trik belanja online yang mungkin belum Anda ketahui

Technologue.id, Jakarta – Internet telah mampu mengubah hajat hidup orang banyak, termasuk dalam urusan berbelanja. Kalau satu-satunya jalan untuk bisa melakukan transaksi jual-beli zaman dulu hanya dengan keluar rumah lalu menuju ke pasar, sekarang Anda bisa berbelanja dari dalam rumah atau bahkan sambil tidur-tiduran. Berpindah-pindah dari satu toko ke toko lain pun dapat dilakukan semudah beralih dari satu tab ke tab lain di dalam browser.

Memang, online shopping menawarkan kemudahan, tetapi Anda sebaiknya tak menutup mata dengan sejumlah risikonya, mulai dari scamming hingga pencurian informasi pribadi di gadget yang dipakai belanja daring.

Agar Anda lebih waspada dan cerdas dalam ber-online shopping, simak saja tips yang sudah redaksi siapkan berikut:

1. Cek keamanan situs online
Koneksi yang aman adalah hal yang esensial dalam proses online shopping. Untuk mengeceknya, mudah saja. Tengoklah apakah ada ikon gembok berwarna hijau di samping address bar saat Anda membuka situs toko belanja yang Anda tuju.

Contoh situs jual-beli yang aman (Ulwan/Technologue.id)
Contoh situs jual-beli yang aman (Ulwan/Technologue.id)

Selain itu, utamakan juga berbelanja di situs yang mempunyai awalan “https://” ketimbang “http://”. Semisal dua syarat ini tidak dipenuhi situs online shopping tersebut, mendingan tinggalkan saja. Sebab mengapa mau berbelanja di sana kalau mereka saja tidak mempedulikan keamanan konsumennya.

2. Pastikan PC/laptop/smartphone Anda siap mengamankan
Kriteria berbelanja aman kedua ini mungkin sudah lazim Anda dengar, yakni berbelanjalah di gadget yang sudah dibekali antivirus. Tetapi memang, software antivirus begitu penting jika aktivitas Anda di dunia maya kebanyakan adalah berbelanja.

Semisal Anda meng-install antivirus yang mumpuni, malware seperti keylogger yang doyan mencuri informasi login kartu kredit netizen kemungkinan besar tak berani mendekati Anda. Jadi, persenjatailah diri Anda dengan antivirus yang mampu menangkal malware.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More