Technologue.id, Jakarta – Setiap ponsel GSM, baik low-end maupun premium, pasti memiliki nomor International Mobile Equipment Identity sendiri, yang umumnya disingkat IMEI. Nomor IMEI biasanya berupa string 15 atau 16 digit, yang digunakan oleh operator telco untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar di jaringan mereka.

Kombinasi IMEI sangat unik dan sulit dimodifikasi, sehingga dapat menjadi penentu apakah sebuah perangkat itu masuk daftar hitam ponsel yang dicuri dari jaringan tertentu. Dalam beberapa kasus, nomor tersebut bahkan dapat digunakan untuk melacak perangkat tertentu untuk mengembalikannya ke pemiliknya yang sah.

Menemukan nomor IMEI di ponsel cukup mudah. Ada sejumlah cara untuk mengetahui secara detail nomor tersebut – mulai dari memasukkan kode khusus menggunakan tombol perangkat atau aplikasi Phone, dengan mengakses pengaturan handset, atau dengan memeriksa detail yang tersimpan di akun pengguna Anda. Metode ini berlaku untuk berbagai macam smartphone termasuk Android dan iPhone.

Note: Nomor seri dan IMEI pada gambar di bawah ini sengaja dikaburkan.

1. Tekan *#06#

- Advertisement -

Apa pun model ponsel Anda, jika mengetik *#06# pada layar panggil, nomor IMEI ponsel Anda akan muncul. Cara lainnya, Anda mungkin perlu menekan tombol SEND pada beberapa perangkat agar metode ini berfungsi.

2. Cek menu Settings


Coba cari IMEI di menu Settings ponsel Anda. Jika tidak ditemukan, coba buka Settings>General>About untuk pengguna iPhone atau juga Settings>About Phone jika Anda pengguna smartphone Samsung Galaxy.

3. Lihat backcover


Beberapa ponsel memiliki nomor IMEI terukir di bagian belakang, bersama dengan nomor seri dan stamp dari regulator. Tata letak ini berlaku untuk model lama seperti Galaxy S7 atau iPhone 6. Namun kemungkinan Anda tidak akan melihat nomor IMEI seperti ini di ponsel yang lebih baru karena produsen sekarang berusaha untuk terlihat sebersih mungkin.

4. Intip SIM card tray


Vendor ponsel juga kerap menyembunyikan nomor IMEI di ‘laci’ kartu SIM. Konsep seperti ini sebenarnya menyulitkan pengguna karena tulisan angka IMEI yang kecil akan sulit dibaca.

5. Di box kemasan


Cara paling mudah menemukan nomor IMEI tentu melalui box kemasan ponsel. Ini bisa menjadi satu-satunya pilihan untuk mengetahui IMEI jika perangkat Anda telah hilang atau dicuri.

6. Melalui iCloud


Cara ini hanya untuk pemilik iPhone atau iPad. Buka appleid.apple.com dan masukkan nama pengguna dan kata sandi ID Apple Anda. Setelah masuk, Anda akan diperlihatkan daftar perangkat Apple Anda. Klik pada nomor IMEI yang ingin Anda ketahui.

7. Periksa nomor IMEI iPhone lain


Anda juga dapat melihat nomor IMEI dari perangkat iOS lain di tempat Anda log in. Untuk melakukan ini, buka Settings dan ketuk nama Anda di bagian paling atas untuk membuka halaman ID Apple Anda. Lebih jauh ke bawah Anda akan melihat daftar perangkat iOS yang lain. Tap IMEI yang ingin Anda lihat.