Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
8 Cara Membangun Startup yang Efektif
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Cara membangun startup bisa dibilang tidak terlalu sulit, jika sudah mengetahui beberapa strateginya. Selain membutuhkan SDM yang mumpuni, kita juga butuh beberapa teknologi seperti software pembayaran yang bisa membantu pengembangan startup kita.

Beberapa orang mungkin berpikir jika untuk membangun startup yang sukses harus memiliki modal yang besar. Padahal, tidak juga.

Ada juga beberapa startup yang memiliki modal besar, namun hanya bertahan beberapa tahun saja.

Hal ini bisa saja terjadi saja karena belum memahami benar cara membangun startup. Agar startup yang sedang kamu rintis bisa sukses, berikut ini adalah rangkuman cara efektif membangun startup.

Cara Membangun Bisnis Startup

Siapa yang tak menginginkan startup yang dirintis bisa sukses dan berkembang? Tentu semuanya ingin. Berikut ini beberapa cara membangun startup dari nol yang bisa kamu coba.

  1. Ada latar belakang sosial dari ide bisnis
    Startup hadir untuk memberikan solusi terhadap permasalah sosial masyarakat. Karenanya, ide bisnis kita juga harus memiliki latar belakang sosial di masyarakat guna memberikan solusi atau jawaban atas permasalahan tersebut.

    Temukan satu atau dua permasalahan sosial di masyarakat lalu dikaji lebih dalam terkait permasalah sosial tersebut.

    Dengan begitu, masyarakat akan lebih loyal untuk menggunakan bisnis kita karena merasa mendapatkan jawaban atas permasalahan sosial tersebut.

    Selanjutnya, kita bisa tuangkan ide bisnis startup tersebut ke dalam business plan agar lebih terarah visi, misi, sumber dana, dan regulasi bisnisnya.
  2. Mengenali target dan fokus startup
    Berangkat dari permasalahan sosial masyarakat yang sudah dibicarakan sebelumnya, kita jadi mengetahui harus membangun sistem startup yang seperti apa yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

    Berjalannya waktu, kita jadi bisa mengatur atau membuat timeline berdasarkan target dan fokus startup tersebut.

    Mempertimbangkan fitur-fitur apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, fitur mana yang terlebih dahulu dibangun di dalam sistem untuk mengembangkan bisnis startup, hingga membuat strategi pencapaian target bisnis dan digital marketing selalu ter-update.
  3. Hal unik apa yang kita tawarkan kepada masyarakat?
    Agar bisnis startup kita lebih dekat dengan masyarakat, maka setidaknya kita harus memiliki satu sampai dua keunikan tersendiri atau unique selling points.

    Tentu bukan hanya kita yang mengembangkan bisnis startup, karenanya kita harus menarik minat dan perhatian masyarakat dengan terus mengembangkan keunikan dari produk yang kita kembangkan.

    Untuk memulainya bisa dari mengembangkan fitur yang memberikan solusi atas permasalahan sosial tersebut lalu fokus untuk selalu mengembangkan fitur tersebut.

    Tanpa sadar, kita juga memberikan solusi untuk masyarakat sehingga nilai jual produk semakin tinggi.
    Trik untuk mengembangkan keunikan produk tersebut dimulai dari fokus untuk membangun dan mengembangkan keunikan produk sehingga produk yang ditawarkan berbeda dari perusahaan kompetitor.

    Dengan begitu, kita jadi mampu menjangkau pengguna atau target pasar yang lebih luas lagi karena fitur andalan yang kita kembangkan untuk memberikan solusi kepada masyarakat luas tersebut.
  4. Pantau tren yang sedang terjadi di masyarakat
    Sekalipun kita telah memiliki produk andalan atau unique selling points, tetap saja kita perlu mengetahui dan mengikuti tren yang sedang terjadi di masyarakat guna untuk selalu menjawab keresahan masyarakat, khusus pengguna produk kita.

    Bisa jadi ada hal lain yang dikembangkan oleh kompetitor yang bisa kita pelajari dan kita terapkan ke dalam produk kita.

    Lakukan riset mendalam terkait tren yang sedang terjadi di masyarakat ini agar bisa kita kembangkan ke dalam fitur-fitur di produk kita.

    Lakukan hal tersebut sembari mencari tahu strategi marketing terbaik mana yang tepat untuk memperkenalkan fitur dan keunikan produk kepada pengguna.
  5. Update strategi digital marketing
    Untuk berada di bisnis startup, target dan regulasi bisnis harus selalu terbarukan. Bisa jadi sebelumnya kita menggunakan strategi marketing A tetapi beberapa bulan kita berputar haluan untuk menggunakan strategi marketing yang sangat berbeda dari sebelumnya.

    Hal tersebut sah-sah dan wajar saja karena perkembangan teknologi dan tren yang begitu cepat.
    Salah satu strateginya adalah dengan menggunakan campaign yang bisa ditemukan pengguna di produk maupun di media sosial dan website perusahaan.

    Berikut ini tips untuk membuat strategi marketing, di antaranya adalah:
    • Susun strategi marketing yang komprehensif.
    • Dalam satu periode tertentu, fokuskan strategi marketing hanya pada satu produk atau fitur.
    • Saat sudah melempar campaign, maka sebaiknya segera lakukan analisis data agar menghasilkan data secara real-time.
    • Setiap campaign memiliki kekurangannya sendiri, oleh karena itu jangan berhenti hanya pada satu campaign saja melainkan terus membuat plan-plan strategi marketing lainnya.
    • Terakhir, ingat selalu untuk melakukan test campaign.
  6. Aware terhadap pengembangan website
    Yang sering disepelekan oleh para pebisnis startup pemula adalah kurang aware terhadap beberapa hal teknis seputar pengembangan website perusahaan.

    Pasalnya, aspek-aspek tersebut memang terkadang tidak terlalu berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan.

    Kendati demikian, sebenarnya bila kita lebih aware terhadap hal-hal teknis pengembangan website, maka website tersebut bisa kita jadikan sebagai salah satu tools digital marketing untuk menyampaikan campaign perusahaan.

    Beberapa hal teknis yang dimaksud di antaranya dalam hal desain website, fitur-fitur yang ada di dalam website, konten-konten, aware terhadap user experience (UX), hingga hal sesederhana domain website.
  7. Konsisten terhadap biaya operasional bisnis yang minim
    Keuntungan membangun dan mengembangkan bisnis startup adalah kita bisa menjalankan bisnis dengan anggota tim seminimal mungkin.

    Trik terjitu yang banyak diterapkan para pebisnis startup sukses adalah dengan mempekerjakan beberapa orang saja untuk membangun tim internal yang solid yang mau membangun perusahaan berdasarkan visi dan misinya.

    Dengan begitu kita bisa mengurangi biaya operasional untuk menggaji karyawan tambahan. Selain itu, dari segi marketing, sebisa mungkin kita juga harus menjaga biaya operasional marketing seminimal mungkin.

    Bukan tidak mungkin karena terlalu bersemangatnya, terkadang banyak para pebisnis akhirnya mengeluarkan biaya marketing yang berlebih.

    Setelah berusaha untuk menjaga agar biaya operasional kantor seminimal mungkin, maka tugas selanjutnya adalah kita harus konsisten terhadap rencana anggaran dana tersebut.
  8. Mengandalkan software akuntansi terbaik untuk regulasi finansial perusahaan
    Cara untuk mensukseskan program adalah dengan menjaga biaya operasional seminimal mungkin. Caranya, bisa dengan memanfaatkan sistem perangkat lunak lainnya seperti software akuntansi atau software manajemen keuangan.

    Salah satu software akuntansi terbaik yang bisa kita andalkan adalah Spenmo dengan fitur dasar yang sangat membantu regulasi finansial di perusahaan.

    Misalnya saja seperti pembayaran tagihan secara online, schedule payments, sistem reimburse online, hingga kemudahan transfer online ke luar negeri.

    Salah satu keuntungan menggunakan Spenmo adalah kita bisa mengubah saldo CC atau kartu kredit perusahaan ke dalam bentuk uang tunai dengan cara mengisi saldo Spenmo account menggunakan dana yang berasal dari CC perusahaan.

    Saldo yang telah ditop-up di Spenmo account kita bisa digunakan untuk keperluan finansial perusahaan seperti membayar tagihan ataupun membayar reimbursement karyawan.

    Seluruh transaksi keuangan berjalan di dalam satu software pembayaran khusus sehingga memudahkan kita untuk melihat riwayat transaksi.

SHARE:

Tips Mengenal Bitcoin Lebih Dekat Supaya Makin Cuan

Startup Wayve Berambisi Saingi Tesla Ciptakan Teknologi Mobil Otonom