98% Populasi Bumi Sudah Direkam Google Maps

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sebagai andalan untuk memenuhi kebutuhan navigasi, Google dikabarkan telah mengumpulkan gambar hampir mencakup seluruh area dunia. Jika diangkakan, Google diklaim telah memetakan lebih dari 98% populasi bumi.

Dilansir dari CNet pada Senin (16/12/2019), Google dikabarkan telah mengumpulkan lebih dari 16,09 juta kilometer gambar untuk memetakan bumi yang bisa diakses melalui fitur Google view. Jarak tersebut bisa dibilang sama dengan mengelilingi bumi sebanyak 400 kali.

Selain itu, Google Earth yang merekam bumi melalui satelit telah merekam bumi lebih dari 36 juta mil persegi atau setara 57,9 juta kilometer permukaan bumi yang mencakup area dimana ada populasi manusia. Dengan begitu, hanya sedikit area tempat tinggal manusia yang belum tersentuh oleh satelit Google Earth.

Untuk fitur Street View, Google menggunakan kamera yang dibawa berbagai sarana transportasi seperti mobil, manusia, bahkan unta untuk mengumpulkan gambar. “Citra gambar adalah segalanya bagi kami. Itu adalah fondasi dari seluruh proses pemetaan,” kata Ethan Russel selaku Director of Product Google Maps.

Hasil dari pengumpulan citra tersebut digunakan untuk fitur peta yang lebih akurat dan dapat menggambarkan dengan jelas situasi dan kondisi lokasi tersebut. Kerja keras ini menghasilkan Google Map sebagai acuan untuk mendapatkan rute jalan bagi pengendara mobil, sepeda, pejalan kaki, motor, hingga pengguna tranportasi publik.

Dalam hal ini Google Map sebenarnya tidak sendiri, di tahun 2004, dua bersaudara asal Denmark, Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen menyampaikan idenya pada Google mengenai sebuah peta yang tidak statis, tapi bisa digunakan untuk mencari lokasi dan dapat diperbesar.

Google tertarik dengan ide tersebut dan memutuskan untuk membeli Where 2 Technologies, milik dua bersaudara Denmark itu. Kemudian, Google juga membeli Keyhole, perusahaan yang mengembangkan software visualisasi bumi yang nantinya akan menjadi Google Earth.

Kemudian dibuatlah tim beranggotakan 50 orang untuk mengerjakan proyek Google Maps. Pada 8 Februari 2005, Google Maps resmi dirilis pertama kali di Amerika Serikat.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories