Technologue.id, Jakarta – Acer memperkenalkan solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) di Indonesia.

Seluruh solusi yang diperkenalkan menunjukkan kesiapan Acer dalam membantu perusahaan dan pemerintah mewujudkan smart city pada 2020 dengan melakukan transformasi digital, sekaligus mempersiapkan pelaku bisnis mengimplementasikan Industry 4.0. Solusi tersebut juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi warganya, membuat kota semakin efektif dan efisien serta meningkatkan daya saing pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga:
Tampil Beda, Acer ConceptD Tiba di Indonesia

“Kami bangga kini Acer sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan hardware dan solusi yang end-to-end juga dapat berperan aktif dalam menyambut era Industry 4.0 dan membantu pemerintah serta pelaku bisnis dalam mewujudkan smart city pada 2020,” ujar Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia

Solusi Smart Water dari Acer, memberikan keleluasaan pada perusahaan dan pemerintah setempat dalam mengelola ketersediaan air minum bagi warganya. Solusi ini juga menghubungkan informasi terkini bagi warga dan perusahaan yang ingin mendapatkan kualitas air dan distribusi air yang terkendali, terutama bagi konsumen perusahaan besar, seperti perusahaan agribisnis.

Bagi konsumen pada tingkat rumah tangga, solusi ini juga memberikan fitur pelaporan secara real-time mengenai pemakaian air. Pemanfaatan solusi Smart Water sudah diimplementasikan di Kaosiung, Taiwan, bagi perusahaan agribisnis lokal yang membutuhkan distribusi air yang berkualitas untuk irigasi sawah dan peternakan ikan.
Implementasi Smart Water di Kaohsiung meningkatkan efisiensi penggunaan air sebesar 15 persen dibandingkan saat perusahaan agribisnis tersebut belum menerapkan solusi Smart Water.

Baca Juga:
Asyik Diajak Traveling, Acer TravelMate P614-51 Bisa Hidup 20 Jam

Sementara solusi Smart Power dan Smart Lighting, merupakan solusi berteknologi IoT yang memudahkan perusahaan dan pemerintah dalam mengatur pemakaian konsumsi energi listrik untuk penerangan kota, gedung dan instalasinya. Solusi ini dapat mengatur kapan konsumsi daya listrik lebih diperlukan atau harus dikurangi, sehingga pengguna bukan saja menghemat biaya tapi juga memberikan daya lebih lama lagi untuk pemakaian listrik di hari lain.

Terakhir, adalah solusi Smart Agriculture yang membantu perusahaan agribisnis dan petani dalam meningkatkan hasil panen dengan cara memberikan informasi data tentang informasi cuaca dan kondisi tanah, kapan waktu tanam dan panen yang tepat. Solusi ini juga membantu petani untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dan menghindari kerugian gagal panen akibat cuaca atau hama.

Seluruh solusi IoT Acer yang diperkenalkan sudah mulai ditawarkan untuk pasar Indonesia