Technologue.id, Jakarta – Kehadiran HarmonyOS membuat banyak orang berspekulasi soal masa depan smartphone Huawei. Bahkan tak sedikit yang mengatakan kalau ke depannya sistem operasi tersebut akan menggantikan Android. Namun bagi Huawei, hal itu mungkin baru akan terjadi dalam waktu yang lama.

Baca Juga:
Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro Meluncur Tanpa Android

“Kami akan terus menggunakan Android dalam waktu dekat, karena mengganti sistem operasi (HarmonyOS) tidak hanya memerlukan waktu yang panjang, tetapi juga akan merusak kepercayaan konsumen”, Kata Joy Tan, President of Global Media and Communications Huawei.

Mengutip dari GSMArena (22/09/19), Joy Tan lebih lanjut juga mengonfirmasi bahwa Huawei saat ini lebih fokus untuk menggantikan layanan Google Mobile Services ketimbang menggeser dominasi Android di industri gadget.

Baca Juga:
Huawei Mate X 5G Siap Dipasarkan, Berapa Harganya?

“Dengan begitu banyaknya pengguna Huawei yang bergantung kepada Google Mobile Services, kami akan lebih memfokuskan sumber daya yang ada untuk memperluas Huawei Mobile Services untuk dijadikan sebagai penggantinya”, ucap Joy.

Google Mobile Services sendiri merupakan sejumlah layanan mobile yang disediakan secara otomatis oleh Google pada smartphone berbasis Android, seperti Google Play, Gmail, Google Now, Google Books, YouTube, dan lain-lain.