Ada Joker di 11 Aplikasi Android, Bisa Bikin Kantong Jebol

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Tim peneliti dari Check Point baru-baru ini mengumumkan bahwa terdapat malware berbahaya yang tersemat dalam 11 aplikasi android. Malware tersebut bernama Joker dengan spesialisasi menguras kocek pengguna.

Dilansir dari Forbes pada Selasa (14/7/2020), Malware ini akan membawa pengguna ke layanan premium aplikasi tertentu tanpa sepengetahuan mereka. Setelah itu Joker akan mendaftarkannya dan tanpa sadar tagihan kartu kredit pengguna akan membengkak.

Menurut keterangan Check Point, langkah pertama yang dilakukan Joker untuk melancarkan aksinya adalah dengan bersembunyi di dalam file manifes aplikasi. Hal ini dilakukan agar dapat merangsek masuk ke toko aplikasi Google Play Store tanpa diketahui.

Baca Juga:

Lagi, Google Blokir Puluhan Aplikasi Android Berbahaya

“Malware ini terus berupaya mencari celah ke toko aplikasi resmi Google karena kodenya terus berubah. Teknik yang digunakan sebenarnya teknik lama dari ancaman PC ke mobile untuk deteksi dari pihak Google,” ujar Aviran Hazum, salah satu peneliti dari Check Point.

Setelah berhasil masuk, Joker akan meggunakan dua komponen utama, yakni Notification Listener yang merupakan bagian dari aplikasi asli. Komponen lain adalah dex file yang di-load dari server C&C, tujuannya untuk melakukan registrasi pengguna ke layanan.

“Agar tidak mudah terdeteksi, penjahat siber menyembunyikan file dex di dalam aplikasi, sebagai string yang disandikan Base64 dan siap diterjemahkan,” tambah Aviran.

Baca Juga:

Google Kekeh Blokir AnTuTu, Kenapa?

Menanggapi hal tersebut, Google mengaku telah menerima laporan akan ancaman Joker di toko aplikasinya. Raksasa teknologi itu mengaku telah menghapus seluruh aplikasi yang terdeteksi menyematkan Joker di dalamnya.

Berikut 11 Aplikasi yang menyematkan malware berbahaya Joker berdasarkan laporan Check Point:com.imagecompress.android

-com.contact.withme.texts

-com.hmvoice.friendsms

-com.relax.relaxation.androidsms

-com.cheery.message.sendsms

-com.peason.lovinglovemessage

-com.file.recovefiles

-com.LPlocker.lockapps

-com.remindme.alram

-com.training.memorygame

- Advertisement -

Latest News

Related Stories