Technologue.id, Jakarta – OnePlus di tahun 2017 ini kembali menghadirkan perangkat terbaiknya, yakni OnePlus 5. Perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu pun tidak hanya menghadirkan satu varian saja, melain dua varian yang dibedakan dengan kapasitas RAM 8GB dan 6GB.

Sebuah pertanyaan pun muncul dari dua pilihan yang disajikan oleh OnePlus tersebut, adakah perbedaan antara OnePlus 5 RAM 8GB dengan OnePlus 5 RAM 6GB? Sebuah video di laman YouTube dari akun Timmers EM1 (9/7/2017), akhirnya mampu menampilkan jawaban yang konkret.

YouTuber tersebut mengadu dua buah perangkat OnePlus yang dibekali dengan kapasitas RAM berbeda. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan diantara kedua perangkat tersebut.

Hal pertama yang dilakukannya adalah menunjukan perbedaan fisik antara kedua perangkat tersebut. OnePlus 5 6GB memiliki warna abu-abu gelap pada bagian punggungnya, sedangkan OnePlus 5 8GB memiliki warna hitam pekat pada bagian yang sama.

Selanjutnya, kedua OnePlus diaktifkan untuk mengetahui kecepatan bootstrap loader. Dan hasilnya, kedua perangkat hampir menunjukan waktu yang sama, dengan OnePlus 6GB yang sepersekian detik lebih cepat.

YouTuber tersebut juga membuka barisan aplikasi yang ada di dalam kedua OnePlus 5 tersebut, untuk mengetahui load time. Hasilnya pun sama, kedua perangkat tidak menunjukan perbedaan yang signifikan, namun cenderung sama.

Dari percobaan yang dilakukan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang mendalam antara OnePlus 5 8GB dengan OnePlus 5 6GB. Perbedaan yang nyata adalah harga dari OnePlus 5 8GB yang lebih mahal $60 atau sekitar Rp 800 ribuan.

Baca juga:

Kamera OnePlus 5 Sebenarnya Setara Samsung Galaxy S8, Tapiā€¦

Fitur Scroll OnePlus 5 Bermasalah

OnePlus 5 Dapatkan Update Software Pertamanya