Adaptasi di Tengah Pandemi, Exabytes Indonesia Sukses Gelar Rangkaian Event Online di Tahun 2020

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Seiring dengan upaya Pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus covid-19, berbagai industri pun harus bersiap menuju fase new normal dan saling berlomba untuk mengambil langkah besar untuk mempercepat perkembangan event online.

Jika dilihat dari data Indonesia Event Industry Council (Ivendo), kerugian yang muncul akibat pandemi Covid-19 berkisar Rp2,69 triliun – Rp 6,94 triliun. Pasalnya, sekitar 96,43 persen acara di 17 provinsi harus ditunda, dan 84,20 persen lainnya dibatalkan. Bahkan, memasuki akhir tahun 2020, kita pun masih harus berhadapan dengan pandemi ini. “Hal ini yang menjadi dasar kuat bagi Exabytes Indonesia dalam beberapa bulan terakhir untuk beradaptasi menyelenggarakan rangkaian event online dari event yang selama ini mayoritas dilakukan secara offline.” tutur Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia. “Ini tentu juga memberikan optimisme bagi Exabytes Indonesia bahwa event online akan menjadi sebuah alternatif baru ke depannya, karena dapat memberikan peluang solusi pemerataan informasi walau berada di pelosok Indonesia sekalipun selama terdapat konektifitas internet, event offline terbatas oleh jarak dan waktu, sedangkan event online tidak.” tambahnya.

Selama tahun 2020 ini, Exabytes Indonesia berhasil menyelenggarakan 5 annual events, yaitu; Indonesia Website Awards (IWA), SME DigitalFest, eCommerceFest, WebFest, dan MarketingFest. Serta beberapa event yang diadakan rutin setiap bulannya seperti Exabytes Digital Day dan Exabytes Developer Club.

Rangkaian event tahunan dimulai pada bulan Juni 2020 yang dibuka oleh webinar eksklusif dari Indonesia Website Awards (IWA). IWA sendiri merupakan sebuah ajang penghargaan website terbaik yang didedikasikan khusus bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Digital sebagai bentuk dukungan akan perkembangan ekonomi digital di Indonesia serta untuk mengapresiasi kinerja dan bakat dari para Web Developer/Web Designer yang terlibat dan mendorong kreativitas dari para pelaku usaha di Indonesia dalam meningkatkan kualitas websitenya. Webinar eksklusif yang bertajuk “WebDevTalk: Anticipate the Future Direction of Web Dev in 2020” ini menghadirkan berbagai Web Developer Expert di Indonesia.

Berangkat ke bulan Juli, Exabytes Indonesia telah menyelenggarakan SME DigitalFest 2020 dengan mengusung tema “Digital Transformation in New Normal Era” event ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM serta pelaku bisnis di Indonesia dalam menggunakan informasi, pengetahuan, teknik, dan solusi untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan dalam lingkungan pasar yang semakin kompetitif dengan cara go digital. Menariknya lagi, ini merupakan event pertama yang diadakan di Indonesia setelah sukses diselenggarakan di Malaysia dan Singapura beberapa waktu lalu.

Kemudian tidak terhenti dalam usaha membantu UMKM untuk go digital saja, lewat eCommerceFest yang diadakan pada akhir bulan Agustus, Exabytes Indonesia juga membekali para pelaku bisnis online untuk belajar mengenal strategi, taktik hingga solusi untuk meningkatkan penjualan dan mempelajari pertumbuhan serta perkembangan E-Commerce di Indonesia. Karena, Exabytes Indonesia menyadari pentingnya untuk memberikan informasi dan mengedukasi tentang pesatnya pertumbuhan E-Commerce di masa Pandemi. Hal ini diperkuat dengan data yang dianalisa oleh Exabytes Indonesia sendiri, bahwa terdapat peningkatan jumlah pelanggan E-commerce hingga 38,3 persen selama masa Pandemi.

Hanya selang satu bulan berikutnya, pada akhir oktober, Exabytes Group sukses menggelar konferensi website terbesar secara online di tiga Negara sekaligus yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapura bertajuk “WebFest.Asia: Advance Your Skills with the Web Masters”. Diramaikan oleh beberapa pembicara dari startup dan perusahaan teknologi Indonesia terkemuka yang juga tidak kalah menarik perhatian seperti Blibli.com, Google, Hacktiv8, GOJEK, Microsoft, ScrappingHub, ketua komunitas PHP Indonesia & WordPress Indonesia, Elementor dan masih banyak lagi. Event yang bertujuan menyemangati dan memotivasi para developer ini berhasil menjadi magnet bagi 2200 pengunjung dengan 26 ribu views.

Rangkaian event tahunan pun ditutup dengan MarketingFest di akhir bulan november. Exabytes Indonesia menyadari bahwa tidak cukup hanya mengedukasi dan mengoptimalkan sebuah website saja, karena tak bisa dipungkiri, peran marketing pun menjadi peran paling penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Lewat MarketingFest ini, Exabytes Indonesia bertujuan membantu memberikan added value sebagai pelengkap rangkaian event yang telah dilaksanakan.

“Kami berharap Exabytes Indonesia tidak hanya dijadikan sebagai partner dalam berbisnis online yang menyediakan layanan website dan hosting saja, tetapi juga bisa memberikan informasi dan edukasi dalam event-event Exabytes lainnya yang inspiratif serta inovatif untuk banyak orang.” tutup Indra.

- Advertisement -

Latest News

Google Doodle Tampilkan Tokoh Batik Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Situs pencarian Google menampilkan Doodle berbeda hari ini, Selasa (11/5/2021). Motif batik berwarna coklat tampil menawan dengan seseorang berdiri...

TikTok Lite Bisa Hasilkan Uang, Caranya?

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi TikTok Lite tengah digandrungi banyak orang. Bagaimana tidak, pengguna bisa mendulang pundi-pundi dari aplikasi TikTok versi ringan ini.

Telkomsel Tambah Investasi ke Gojek

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel melanjutkan implementasi strategi investasi ke Gojek. Kali ini nilai yang digelontorkan adalah US$300 juta atau sekitar Rp4,26 Triliun.

OPPO K9 5G Melantai, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Technologue.id, Jakarta - OPPO kembali meluncurkan produk smartphone. Kali ini adalah OPPO K9 yang memiliki jaringan generasi terbaru, 5G.

Viral Weekend, Bipang oleh Jokowi dan Simpati untuk Palestina

Technologue.id, Jakarta - Akhir pekan ini, Media Sosial Twitter diramaikan dengan sejumlah topik. "Bipang" dan "Palestina" menjadi yang teratas, yang paling banyak...

Related Stories