Adopsi USB-C Meningkat Tajam

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Penggunaan USB-C pada ponsel mengalami kenaikan pesat belakangan ini. Konektor lain seperti USB Type-A, USB Micro-B, dan bahkan port Lightning milik Apple mulai tergerus keberadaannya.

Dilansir dari Gizmochina (13/7/2020), lembaga riset pasar Omdia mengatakan konektor USB-C ini sudah digunakan oleh hampir setengah ponsel yang diluncurkan tahun ini. Angka ini akan terus bertambah dalam waktu kedepan.

Baca Juga:

Alasan Apple Ogah Pakai USB Type-C di Produknya


Penggunaan USB-C ini juga diprediksi akan diadopsi oleh setengah perangkat elektronik di dunia untuk mendukung transmisi data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Hal ini akan terjadi pada tahun 2022 mendatang.

Penggunaan USB-C sendiri memang sudah direkomendasikan oleh Uni Eropa sebagai standar pengisian umum untuk ponsel. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kenyamanan bagi konsumen dan juga mengurangi limbah elektronik.

Baca Juga:

Efek Corona, Pengiriman Ponsel Dunia Turun Drastis

Sekedar informasi, USB-C merupakan jenis konektor baru yang hadir dengan jumlah pin sebanyak 24 buah. Bukan hanya untuk mengisi daya perangkat, USB-C dapat digunakan untuk transmisi data dan output video.

USB-C juga menawarkan beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh konektor lain. Konektor ini mampu menghadirkan banyak fitur serta mampu mendukung teknologi pengisian daya cepat.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories