Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Adu Digital Voice Assistant Terbaik, Siapa Jawaranya?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Youtuber MKBHD mengadakan tes antara Siri dari Apple, Bixby dari Samsung, dan Alexa dari Amazon. Siapa yang jadi pemenangnya?

Berdasarkan pengujian MKBHD, Google Assistant unggul sebagai asisten suara terbaik.

Google Assistant menonjol karena didukung oleh AI Google yang membantu untuk mengerti permintaan pengguna secara akurat. Google Asisstant juga memiliki sejumlah besar data dari penggunanya yang memungkinkannya memberikan pengalaman yang lebih personal.

Baca Juga:
Samsung Rilis Aplikasi Camera Assistant, Apa Manfaatnya?

Google Assistant turut mengumpulkan data dari berbagai layanan seperti pencarian, map, dan email untuk meningkatkan fungsi dan performa Google Assistant.

Namun, alasan terbesar kemenangan Google Assistant adalah keahlian percakapan yang baik. AI Google menggunakan algoritma NLP atau natural language processing untuk memahami arti dan konteks dari kata yang digunakan.

Digital Voice Assistant atau asisten suara digital adalah program berbasis cloud yang didedikasikan untuk menyediakan bantuan virtual. Dan biasanya kita temui di smartphone kita, seperti Siri, Google Assistant, dan Alexa.

Sementara Siri yang berada di peringkat kedua bekerja dengan baik saat diminta untuk menyelesaikan tugasnya seperti mengatur waktu dan mencari di internet, namun saat diminta untuk menjawab pertanyaan yang lebih rumit, Siri tidak dapat melakukan tugas yang membutuhkan interaksi dengan aplikasi.

Berbeda dengan Bixby yang unggul dalam kontrol perangkat berkat penggabungan dengan perangkat Samsung. Penggabungan tersebut memungkinkan Bixby untuk mengontrol pengaturan sistem dan menggabungkan aplikasi lebih baik daripada digital voice assistant lainnya.

Baca Juga:
Terungkap! Ini Alasan, Siri, Alexa, dan Google Assistant Pakai Suara Wanita

Dari semua digital voice assistant, Alexa yang bekerja paling buruk. Penilaian ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tidak bisa koneksi dengan smartphone, artinya Alexa tidak memiliki sentuhan pribadi dibandingkan digital voice assistant lainnya. Hal ini menyebabkan Alexa terasa kurang nyaman untuk digunakan.

Faktor lainnya adalah ketidaktelitiannya dalam mencari fakta, ketidakmampuan Alexa untuk bekerja sama dengan aplikasi lain, dan kemampuan percakapan yang buruk. Faktor-faktor tersebut menyulitkan Alexa untuk memberikan informasi yang berguna dan dapat diandalkan, yang mana hal tersebut sangat penting untuk digital voice assistant.

Selain itu, adanya iklan Amazon ditengah-tengah tugas dapat mengganggu pengguna.

SHARE:

4 Smartphone Terkini yang Punya Fitur Canggih Berbasis AI

Elon Musk Pamer Superkomputer Dojo D1 dengan 8.000 GPU Nvidia H100