Technologue.id, Jakarta – Smartphone flagship selalu menjadi fenomena yang menarik setiap tahunnya bagi penggemar gadget. Dan pada awal tahun 2019 ini, Samsung baru saja meluncurkan tiga varian Galaxy S10. Sementara berselang satu bulan kemudian, Huawei menghadirkan P30 Pro. Lantas, kamera siapa yang lebih superior?

Baca Juga:
Terbukti, Huawei P30 Pro Tak Berkutik Lawan Varian Termurah Galaxy S10

Baru-baru ini, ada salah satu vlogger gadget ternama asal Inggris yang mengupload video bertajuk “Huawei P30 Pro vs Galaxy S10 Plus Camera Test Comparison” melalui channel YouTube SuperSaf. Dari situ, ia melakukan serangkaian skenario pengujian untuk masing-masing kamera baik foto maupun video.

- Advertisement -

Melalui video berdurasi 14 menit 11 detik tersebut, SuperSaf tampak objektif melakukan penilaian. Hal tersebut terlihat dari kesesuaian antara pernyataan yang dilontarkan dengan bukti foto/video yang berhasil ditangkapnya.

Namun menariknya, hampir semua komentar warganet justru malah condong memihak kepada kamera Galaxy S10 Plus. Kalaupun ada yang memilih kamera P30 Pro, hanya segelintir saja.

Bahkan, ada salah satu warganet yang mengatakan bahwa Galaxy S10 Plus tak cuma lebih unggul pada sektor kamera ketimbang P30 Pro, tetapi juga dari sisi antarmuka dan chipset yang digunakan. Padahal, video tersebut hanya menampilkan pengujian dari sisi kamera secara mendalam, sementara kinerjanya tidak.

Komentar Kamera Huawei P30 Pro Vs Samsung Galaxy S10 Plus (Sumber: SuperSaf YouTube)
Komentar Kamera Huawei P30 Pro Vs Samsung Galaxy S10 Plus (Sumber: SuperSaf YouTube)

Sepanjang video tersebut, SuperSaf terlihat cukup detail untuk melakukan pengulasan terhadap kamera yang dimiliki oleh Huawei P30 Pro dan Samsung Galaxy S10 Plus.

Sejumlah pengujian yang dilakukannya mulai dari kamera selfie, menggunakan 4K untuk ketiga kamera belakang, auto-focus, foto pada mode portrait, beserta perekaman video. Dan semuanya masing-masing dilakukan pada kondisi cahaya normal baik indoor maupun outdoor, serta kondisi cahaya rendah (low-light).