Technologue.id, Jakarta – Produsen smartphone asal Tiongkok yang namanya sedang hangat-hangatnya di Indonesia, Oppo, belum lama ini meraih capaian penting di bisnis smartphone. Dikutip dari GSMArena (23/01/17), Oppo secara global telah berhasil melego 20 juta unit seri R9 atau yang dirilis dengan nama F1 Plus di Tanah Air. Capaian ini mencakupi seri R9, R9 Plus, R9s, and R9s Plus.

Oppo F1 Plus (eksklusif)

Produk seri smartphone yang punya keunggulan untuk selfie itu hanya membutuhkan waktu selama kurang dari setahun untuk mencapai titik penjualan tersebut, tepatnya dimulai dari F1 Plus dan R9 Plus yang dirilis pada kuartal pertama 2016. Lalu, lahirlah R9s dan R9s Plus pada Oktober 2016.

Dari fakta ini, redaksi lantas tertarik mengkomparasikan dengan produk Huawei yang dirilisnya juga hampir bersamaan dan punya keunggulan dari segi fotografi juga, tepatnya di bagian belakangnya berkat hadirnya dual-camera. Vendor kipas merah itu belum lama ini mengklaim bahwa penjualan seri gadget andalannya, P9 dan P9 Plus, telah melampaui 10 juta unit. Capaian ini pun menjadikan dua perangkat tersebut sebagai seri flagship pertama Huawei yang paling laris di pasaran.

Huawei P9 (endah@technologue.id)

Jika Oppo sedikit lebih unggul dibanding Huawei dengan P9-nya, wajar saja. Sebab model seri R9 lebih banyak dibanding P9. Dari laporan penjualan seri P9 yang dikirimkan Huawei pada Technologue.id awal Januari 2017 pun tidak turut dicantumkan kontribusi penjualan versi ‘murah’ P9, yaitu P9 Lite.

Sementara dari sergi harga dua model itu yang sudah tersedia di Indonesia, Oppo F1 Plus memang lebih terjangkau ketimbang Huawei P9. F1 Plus bisa ditebus dengan hanya Rp5.499.000, sedangkan banderol Huawei P9 adalah Rp6.999.000. Faktor harga ini juga sedikit banyak berperan terhadap daya beli masyarakat.

Sekilas, dapat disimpulkan dengan sangat sederhana berdasarkan kasus sederhana di atas bahwa pasar saat ini lebih meminati ponsel dengan keunggulan kamera depan ketimbang belakang. Jadi, apakah Anda tak berminat merilis smartphone dengan dual-camera selfie, Huawei?

 

Baca juga:

Salut, Huawei P9 dan P9 Plus Pecahkan Rekor Penting!

Oppo Resmikan Ponsel Terbatas Edisi Raisa

Perjalanan 3 Tahun Oppo di Indonesia, Gelar Oppo Selfie Fest