Technologue.id, Jakarta – Produsen gadget lokal, Advan tengah mempersiapkan produk baru di dapur kreatifnya. Produk bernama Advan G1 yang sedang digarap Advan diklaim bakalan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia.

Advan mengklaim G1 bakalan menggunakan material metal pilihan untuk melapisi bagian bodi dan covernya. Setidaknya ada 125 proses CNC (computer numerically controlled) yang dilalui material metal yang dipakai Advan G1.

Pemilihan material metal ini diklaim berdasarkan hasil riset khusus yang dilakukan dengan melibatkan konsumen. Riset yang dilakukan bersama Mars Research selama beberapa waktu bakalan digunakan Advan dalam melakukan desain produk smartphone Advan G1, termasuk spesifikasi material.

“Kita sudah menampung keinginan masyarakat Indonesia, smartphone seperti apa yang mereka mau. Hasil riset Mars Research itu masyarakat maunya produk yang tipis dan ringan,” ungkap Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan ketika ditemui Technologue.id.

- Advertisement -

 

Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan
Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan

Tjandra menambahkan, keinginan masyarakat soal ponsel tipis dan ringan diterjemahkan vendor-vendor dengan melahirkan produk berbahan plastik. Namun, material plastik diakuinya memiliki kelemahan, rentan pecah dan terkesan kurang premium.

“Di Advan G1, konsumen bakalan menemukan eksklusivitas cover dan bodi yang terbuat dari bahan metal. Bahan metal yang dibuat untuk Advan G1 diproses menggunakan teknologi manufaktur CNC dengan 125 kali proses,” tambah Tjandra.

Sistem CNC sendiri merupakan langkah produksi menggunakan prodgram yang dikontrol langsung oleh komputer. Teknik CNC diklaim bakalan memberikan hasil lebih baik dari sisi ketelitian, ketepatan, fleksibilitas dan kapasitas produksi karena menggabungkan teknologi komputer dan kemahiran mekaniknya.

“Intinya proses produksi memakai CNC itu, material metal yang mau kita pakai masih utuh dimasukkan dalam mesin. Selanjutnya diproses menggunakan Diamond Cutter dan menghasilkan lempengan bodi dan seterusnya. Prosesnya panjang dan rumit seperti penggarapan iPhone dan smartphone premium lain,” jelasnya.

Produk ini rencananya bakalan diperkenalkan pada bulan Agustus mendatang. Seperti apa? Tunggu saja kabar lanjutannya.