Technologue.id, Jakarta – Menggunakan smartphone saat berkendara bukanlah ide yang baik. Sebab, fokus Anda bisa terbagi, sehingga berpotensi mencelakakan diri sendiri maupun orang lain.

Perusahaan teknologi sebenarnya sudah berupaya agar user-nya tidak terdistraksi mengedepankan keinginan untuk berkomunikasi dibanding keselamatan berkendara. Apple, misalnya, telah menambahkan Do Not Disturb While Driving di iOS 11. Ini adalah ekstensi dari fitur Do Not Disturb yang telah dihadirkan di versi iOS sebelumnya.

Apa fungsi fitur ini? Ketika Do Not Disturb While Driving aktif, semua notifikasi dan panggilan akan diblokir sementara. Jika Anda dihubungi, Anda bisa mengirimkan pesan template yang lebih kurang berisi: “Saya sedang menyetir, nanti akan saya kontak begitu saya sampai tujuan.” Pastinya, hal ini akan membantu Anda agar lebih fokus saat berada di balik kemudi.

Jika ingin mencobanya, silakan ikuti langkah-langkah yang redaksi kutip berikut dari AddictiveTips (04/07/17):

1. Untuk mengaktifkan Do Not Disturb While Driving, pertama-tama bukalah Settings, lalu sentuh opsi Do Not Disturb.

2. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan opsi Activate, tepat di bawah Do Not Disturb While Driving. Sentuh opsi tersebut.

3. Anda lantas akan dibawa ke opsi aktivasi, yaitu Automatically, When Connected to Car Bluetooh, dan Manually. Pilih satu yang Anda kehendaki.

Apabila Anda tidak memiliki Bluetooh di mobil, baiknya pilih Automatically saja. Nantinya, fitur ini akan aktif otomatis ketika ponsel mendeteksi bahwa pergerakan Anda sedang cepat, baik saat mengendarai maupun mengemudi.

Namun jika kebetulan Anda hanya duduk di kursi penumpang, Do Not Disturb While Driving yang berjalan secara otomatis bisa dinonaktifkan dengan “memberitahukan” iPhone atau iPad Anda bahwa Anda tidak sedang mengemudi lewat opsi “passanger”.

 

Baca juga:

Cari Subtitle Film Mudah Tanpa Googling, Begini Caranya!

Cara Mudah Menemukan Kiblat Saat Mudik Lewat Bantuan Google

Foto Lebaran di iPhone Enggak Sengaja Terhapus? Jangan Panik!