Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
AI Terjemahan Meta Kini Dukung 200 Bahasa
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Kabar baik bagi para pengguna platform media sosial milik Meta. Perusahaan yang menaungi Instagram, Facebook, dan WhatsApp itu kini memiliki Al (kecerdasan buatan) terjemahan yang sudah mendukung 200 bahasa.

Laman Phone Arena melaporkan, Minggu (10/7), dalam postingan blog terbarunya, Meta mengumumkan model Al terbaru untuk menerjemahkan konten di Instagram, Facebook, dan teknologi perusahaan lainnya sekarang dapat menerjemahkan 200 bahasa.

Menurut Meta, model baru yang diberi nama NLLB-200 ini dapat meningkatkan kualitas terjemahan rata-rata 44%. Sedangkan beberapa bahasa yang berbasis di Afrika dan India, presentasenya bahkan melebihi 70%.

Baca juga:
HTC Hadir dengan Desire 22 Prom untuk Metaverse

Selain model baru Al, Meta juga telah membangun kumpulan data yang disebut FLORES-200, yang akan memungkinkan peneliti untuk mengevaluasi NLLB-200. Seperti yang telah dinyatakan perusahaan, kumpulan data baru itu akan membantu peneliti dalam menilai kinerja model Al dalam 40.000 arah bahasa yang berbeda. Kemudian menghasilkan terjemahan berkualitas tinggi.

Meta bahkan telah melangkah lebih jauh lagi dengan membuka NLLB-200 dan kumpulan data FLORES-200 kepada pengembang lainnya. Mereka juga membagikan pelatihan model Al dan kumpulan datanya.

Selain itu, perusahaan memutuskan merogoh sakunnya guna memberikan penghargaan kepada peneliti dan organisasi nirlaba yang menggunkan NLLB-200 untuk inisiatif yang mendukung UN Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB). Di antaranya, keberlanjutan ketahanan pangan, kesetaran gender, dan pendidikan. Apresiasi yang diberikan mencapai Rp3 miliar dalam bentuk hibah.

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Jobstreet Manfaatkan Teknologi AI Bantu Aktivitas Perekrutan Pencari dan Pemberi Kerja

Jalani 5 Tahun, Kolaborasi Evos dan Axis Dorong Tumbuhnya Ekosistem Esports