Ajak Masyarakat Produktif, Kominfo Hadirkan Kompetisi Membuat Gim

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI), Clevio Coder Camp dan Garena menggelar ajang cipta gim ‘Ayo Bikin Game di Rumah Aja’. Mengusung tema ‘Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru’, ajang itu ditujukan untuk membantu sosialisasi melawan dan mencegah wabah virus Corona melalui video game.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan pada Sabtu (28/03/2020) mengatakan, “Video game hasil dari ajang cipta game ini diharapkan mampu menjadi komplemen dari media konvensional untuk mensosialisasikan cara-cara pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19.”

Selain itu, Samuel menambahkan ajang membuat gim ini juga dapat mengisi waktu dengan penambahan karya dan pengetahuan di saat masa karantina. Disisi lain akan meningkatkan kesadaran akan hidup sehat, bersih dalam menghadapi wabah.

Baca Juga:
Kominfo Garap Aplikasi Trace Together untuk Lacak Pasien Corona

Dijelaskan bahwa pelaksanaan lomba dilakukan dari rumah. Hal ini sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk membatasi aktivitas guna memutus rantai penyebaran virus ini dengan kampanye #dirumahaja.

Ajang ‘Ayo Bikin Game di Rumah Aja’ ini terbagi dalam beberapa kategori, Junior (untuk siswa SD, SMP dan SMA/SMK) dan Mahasiswa/Umum. Masing-masing peserta diharuskan untuk membentuk tim dan bekerja sama selama empat hari untuk menghasilkan sebuah purwarupa game yang bisa dimainkan.

Untuk mendaftar, Samuel mengatakan bisa mengunjungi https://agi.or.id/ayobikingame. Nantinya masyarakat juga akan dilibatkan dalam menentukan game favorit dengan cara memberikan voting terhadap karya-karya yang didaftarkan.

Baca Juga:
Kominfo Ralat Nama Aplikasi Lacak Pasien Corona

Wakil Ketua AGI, Adam Ardisasmita mengatakan, “melalui acara ini, AGI dan developer game Indonesia ingin berkontribusi untuk membantu menjaga Indonesia dengan membuat game untuk mengedukasi masyarakat terkait pandemi Corona.”

Sementara itu, CEO dari Clevio Coder Camp, Fransiska Oetami menyatakan pihaknya menyiapkan coach yang mengajar coding game melalui webinar gratis untuk belajar membuat game. Sehingga calon peserta yang belum bisa membuat game tidak perlu khawatir.

“Jadi jangan khawatir kalau belum pernah coding atau bikin game sebelumnya. Meskipun harus #dirumahaja, tidak berarti harus sendiri-sendiri, karena anak juga akan belajar mengembangkan social skillnya dengan kerja bareng teman secara online, persis seperti bapak ibu yang meeting online karena #workfromhome,” jelasnya.

Recent Articles

Bikin Panas Hubungan Dua Negara, Aplikasi Ini Dihapus Google

Technologue.id, Jakarta - Ketegangan antara India dan China kian memanas. Bahkan beberapa waktu lalu salah satu pengembang India meluncurkan aplikasi Remove China...

Gajah Mati Berdiri Setelah Makan Petasan, Netizen Murka

Technologue.id, Jakarta - Seekor gajah betina yang sedang mengandung mati secara tragis di distrik Palakkad, Kerala, India. Gajah tersebut mati berdiri setelah...

Zenius Gelar Try Out UTBK Gratis, Berhadiah Beasiswa Pendidikan

Technologue.id, Jakarta - Zenius Education mengumumkan pembukaan registrasi Grand Try Out yang diadakan untuk membantu calon mahasiswa lolos Ujian Tulis Berbasis Komputer...

Gojek Dukung 100.000 UMKM Migrasi ke Bisnis Online di Tengah Pandemi COVID-19

Technologue.id, Jakarta - Gojek kembali membuktikan kepemimpinan dan keandalannya sebagai super app terdepan di Indonesia dengan menyediakan solusi dan perangkat lengkap agar...

Masuki New Normal, FastKey di Rumah.com Hadirkan Unit Properti Langsung ke Genggaman Pembeli

Technologue.id, Jakarta - PropertyGuru Group, perusahaan teknologi properti terkemuka di Asia induk usaha dari Rumah.com hari ini menghadirkan fitur digital baru 'StoryTeller'...

Related Stories