Akankah Nokia 6 Selamat Ketika Dibakar?

Burn test Nokia 6 (source: YouTube / JerryRigEverything)

Technologue.id, Jakarta – Gebrakan Nokia di awal tahun ini bersama HMD Global cukup memantik perhatian masyarakat global. Pasalnya, mereka kembali ke bisnis ponsel tidak dengan bekal seadanya, melainkan membawa Nokia 6.

Handset 5,5 inci itu mengusung spesifikasi yang tak terlalu jelek, misalnya prosesor Snapdragon 430 Octa-Core, shooter utama 16MP dengan f/2.0, serta OS Android 7.0 Nougat on the box. Setidaknya, Nokia 6 cocok bagi konsumen kelas menengah yang ingin bernostalgia dengan brand asal Finlandia itu.

Itu dari dalamnya, bagaimana dengan ketangguhan fisiknya? Untuk menjawab pertanyaan itu, serahkan saja pada JerryRigEverything, YouTuber yang sudah ‘menyiksa’ lebih dari 50 handset.

Saat diuji, Nokia 6 mendapatkan impresi yang tak terlalu buruk. Fisiknya yang sebagian besar dibalut metal memberikan rasa nyaman waktu digenggam, walaupun ketika digores menggunakan silet, lapisannya terkelupas cukup parah. Layarnya pun perlu digores beberapa kali hingga benar-benar cacat.

Yang keren, kamera utama dan tombol home fisiknya yang juga menjadi tempat bernaung sensor pendeteksi sidik jari bersifat anti-gores. Dari sini, bisa disimpulkan bahwa Nokia tahu betul bagaimana melindungi fitur-fitur penting dalam karyanya.

Saat layarnya dipanaskan dengan korek api, dibutuhkan sekitar 10 detik sampai piksel di dalamnya menghitam. Akan tetapi dalam waktu singkat ‘luka’ tersebut bisa kembali normal. Hal ini dikarenakan display Nokia 6 bertipe IPS.

Bend test Nokia 6 (source: YouTube / JerryRigEverything)

Sedangkan tes terakhir yang harus dilalui Nokia 6 adalah bend test. Untungnya bodi gadget 169 gram itu terbuat dari metal sehingga masih terlalu kokoh ketika dibengkokkan dengan kedua tangan. Tak ada kecacatan yang dialami Nokia 6, hingga JerryRigEverything pun menjulukinya sebagai calon terkuat ponsel terkokoh 2017.

Dari hasil pengujian ini, apakah Anda jadi semakin tertarik membeli Nokia 6 atau tidak? Ceritakan di kolom komentar, ya!

 

Baca juga:

Nokia dan BlackBerry Hadapi Jalan Terjal di Indonesia

Motorola Moto Z vs Nokia 6, Adu Garang Merek Nostalgia

Nokia 6 Rilis, Saatnya Ganti Smartphone?